Al Quran Berfungsi Sebagai Mauizah Hal Ini Terdapat Dalam Surah

Al Quran Berfungsi Sebagai Mauizah Hal Ini Terdapat Dalam Surah–Banyak sekali manfaat yang luar biasa ketika anda membaca, mempelajari dan mempelajari Al Quran. Terutama, Alquran berfungsi sebagai penangkal penyakit jantung.

Imam Nafi Junaidi, Presiden Jamiyyatul Qurra wal Huffazh (JQH, Ikatan Qari-Qari’ah dan Hafizh-Hafizhah) Nahdlatul Ulama Kota Depok, mengungkapkan bahwa Alquran menyebut dirinya sebagai siifah (obat).

“Dalam konteks ini, Al Quran dapat memperbaiki keadaan batin (hati) seseorang. Tentu dengan izin Allah SWT. Penyakit yang belum ditemukan obatnya secara medis, seperti kesombongan, iri hati, iri hati, nafsu, keinginan untuk menunjukkan off, adalah penyakit hati yang tidak ada dokternya. Dalam hal ini, Al-Quran menawarkan dirinya sebagai dokter,” ujarnya.

Kedua, Al-Qur’an menampilkan dirinya kepada orang beriman sebagai Hudan (petunjuk). Dengan kata lain, Alquran tidak memberikan petunjuk yang buruk dan tidak merugikan manusia.

“Sebaliknya, jika orang tidak mengikuti petunjuk, mereka bisa tersesat bahkan mendapat masalah di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, kami terus meminta hidayah (penuntun) kepada kebenaran dan petunjuk untuk mengikutinya,” jelasnya.

“Hanya melalui iman dan amal saleh manusia selalu berada di bawah bimbingan Allah,” lanjutnya.

Ketiga, Alquran hadir sebagai rahmat (kasih sayang) bagi yang mengimaninya. Secara sederhana kata rahmat biasa dipahami sebagai kelembutan, rasa cinta, belas kasih dan kasih sayang. Manusia diturunkan dimuka bumi ini, kata Imam, tanpa bekal apa-apa dan tidak memiliki apa-apa.

“Namun, Allah memberikan potensi yang luar biasa sehingga manusia bisa mengetahui dan memiliki apa-apa. Agar manusia selamat, Alquran diturunkan sebagai rahmat yang agung bagi kehidupan manusia,” cetus Imam.

Terakhir adalah Alquran sebagai Mau’izhah atau pelajaran dari Allah SWT. Mau’izhah biasanya memberikan manfaat kepada sesama. Mau’izhah berarti nasehat, nasehat orang tua kepada anaknya, nasehat guru kepada muridnya dan nasehat teman kepada teman lainnya.

 

Al Quran berfungsi sebagai mauizah hal ini terdapat dalam Surat Ali-Imran Ayat 138.

Pembahasan:

Mauizah artinya peringatan atau pengajaran. Kedua makna tersebut pada hakekatnya tidaklah bertentangan antara satu dengan yang lainnya, dan bahkan dapat dikombinasikan, dalam arti bahwa Alquran memberikan pengajaran tentang apa yang seharusnya dilakukan atau tidak dilakukan oleh manusia, dan kemudian ia memberikan peringatan ketika manusia yang tidak mau mengindahkan ajaran-ajaran Alquran. Mauizah ini terdapat dalam Surat Ali-Imran Ayat 138.

هَٰذَا بَيَانٌ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةٌ لِلْمُتَّقِينَ

Artinya:
(Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.

Jadi, jawabannya adalah Surat Ali-Imran Ayat 138. Semoga bermanfaat!