Lima Syarat Pokok Dalam Pembuatan Peta

Lima Syarat Pokok Dalam Pembuatan Peta Adalah–┬áPeta merupakan alat bantu atau media yang sangat penting dalam mempelajari geografi. Melalui peta, kita akan mampu membayangkan keadaan alam dan sosial suatu daerah tertentu, meskipun belum pernah mengunjunginya. Oleh karena itu, peta harus dapat mempermudah pemahaman tentang gejala atau fenomena yang sedang diamati.

Agar peta dapat mudah dibaca dan dipahami oleh orang yang sedang menggunakannya, harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  • Peta harus dapat memberikan informasi yang benar dan sesuai dengan judul atau temanya
  • ┬álegenda atau keterangan dari simbol-simbolnya
  • perbandingan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kenyataan sesungguhnya dipermukaan bumi
  • petunjuk arah yang benar sehingga memudahkan bagi pengguna dalam memanfaatkannya
  • memiliki sumber data yang diinformasikan

Pembahasan

Terkait soal lima syarat pokok dalam pembuatan peta adalah? Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala. Terdapat beberapa syarat untuk membuat peta agar sesuai dan dapat digunakan. Syarat pembuatan peta dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu syarat pembuatan peta yang baik dan syarat pembuatan peta berdasarkan kelengkapan unsur-unsur peta.

Syarat membuat peta yang baik adalah:

  • Equivalent, luas wilayah di peta harus sesuai dengan luas wilayah yang sebenarnya setelah diperkecil dengan menggunakan skala.
  • Equidistant, jarak wilayah pada peta harus sesuai dengan jarak wilayah yang sebenarnya setelah diperkecil dengan menggunakan skala.
  • Conform, bentuk dari wilayah yang digambar pada peta harus sesuai dengan bentuk wilayah sesungguhnya di lapangan.

Syarat pembuatan peta berdasarkan kelengkapan unsur-unsur peta adalah menyertakan 10 unsur pada peta, yaitu judul, skala, garis astronomis, penunjuk arah (orientasi), simbol, legenda, inset, sumber peta, tahun pembuatan peta, dan garis tepi.

Jadi, syarat pokok dalam pembuatan peta, antara lain equivalent, equidistant, conform, menyertakan unsur-unsur peta, seperti skala, garis astronomis, penunjuk arah (orientasi), simbol, legenda, inset, sumber peta, tahun pembuatan peta, dan garis tepi.

Semoga membantu ya!