Manfaat Khusus pada Makhluk Hidup

Manfaat Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup Adalah–Setiap makhluk hidup yang tinggal di dunia ini pasti memiliki ciri khusus yang membantunya untuk tetap bertahan hidup. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu manfaat ciri khusus pada makhluk hidup adalah untuk mempertahankan diri. Untuk mengetahui apa saja manfaat adanya ciri khusus yang dimiliki makhluk hidup, langsung saja kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Ada banyak jenis makhluk hidup di sekitar kita di dunia ini, setiap makhluk hidup, hewan, manusia dan tumbuhan memiliki ciri khasnya masing-masing. Sifat-sifat khusus dari makhluk hidup ini jelas memiliki kelebihan bagi semua makhluk hidup.

Apa ciri khas makhluk hidup?

Manfaat Khasiat Makhluk Hidup Dijelaskan secara singkat dalam Smart Bio Series IPA Biologi SD/MI Kelas 4, 5, 6: Diandra Creative, Siti Pramitha Retno Wardhani, S.Si. (2020:10), yang menjelaskan bahwa semua makhluk hidup memiliki ciri untuk bertahan hidup di alam.

Tak hanya itu, perbedaan ciri khusus yang dimiliki setiap makhluk hidup ini rupanya juga memiliki manfaat lainnya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam buku berjudul Pasti Top SD/MI 2017 yang disusun oleh Tim Ganesha Operation-Tim Tunas Karya Guru (2017: 126) menyebutkan bahwa ciri khusus pada makhluk hidup bermanfaat untuk mempertahankan hidup di dalam lingkungannya, memperoleh makanan, dan mempertahankan kelangsungan hidup keturunan.

Manfaat Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup Adalah

Pembahasan

Ciri khusus makhluk hidup adalah ciri-ciri yang membedakan makhluk hidup yang satu dengan lainnya. 3 manfaat ciri khusus pada makhluk hidup adalah sebagai berikut:

  1. mekanisme untuk mendapatkan makanan demi kelangsungan hidup. Misalnya pada landak semut yang memiliki ciri-ciri khusus lidah yang panjang dan lengket yang berfungsi menangkap makanan berupa serangga kecil.
  2. mekanisme perlindungan diri dari serangan. Misalnya ciri khusus pada landak yakni tubuhnya dipenuhi duri. Duri tersebut berfungsi untuk melindungi landak dari serangan pemangsa atau predator.
  3. bagian dari mekanisme reproduksi. Misalnya pada burung merak yang memiliki ciri khusus pada bulu-bulunya yang mekar dengan indah. Fungsi bulu ini sebenarnya adalah untuk menarik perhatian lawan jenis yang merupakan tahapan awal dalam proses berkembang biak atau reproduksi dari merak.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.