Contoh Seni Rupa Modern

Contoh Seni Rupa Modern–Seni rupa adalah salah satu cabang karya seni yang mempunyai banyak aliran. Cabang seni yang satu ini menggunakan sebuah media yang bisa Anda lihat menggunakan mata dan dirasakan dengan rabaan. Dalam praktiknya, ada berbagai jenis aliran dalam seni rupa modern yang sangat menarik untuk diketahui. Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang jenis aliran seni rupa modern, simak artikel ini, ya.

Pembahasan

Jawaban dari contoh seni rupa modern adalah :

  1. Lukisan.
  2. Lagu.
  3. Patung.
  4. Relief.
  5. Mozaik.
  6. Kolase.
  7. Fotografi.
  8. Kaligrafi.
  9. Origami.
  10. Ukiran.

Soal menanyakan tentang seni rupa modern ( 10 contoh ).

Yuk simak penjelasan berikut.

Seni rupa modern adalah seni rupa yang tidak terbatas pada aturan, tradisi, atau kebudayaan suatu daerah, namun tetap berdasarkan pada filosofi dan prinsip seni rupa yang ada.

5 jenis aliran seni modern lengkap dengan karakternya

Di bawah ini adalah 5 jenis aliran seni modern Yofita Sandra, Syafei dan Irwan (2021:59).

1. Seni rupa naturalisme
Naturalisme adalah kecenderungan artistik yang menggambarkan objek sesuai dengan keadaan alam saat ini. Ciri aliran ini adalah bentuknya persis sama dengan yang Anda lihat. Beberapa tokoh yang mempopulerkan aliran naturalisme antara lain Gambir Anom dan Abdullah Sudrio Subroto.

2. Seni Realisme
Realisme adalah aliran seni yang melukiskan suatu objek dalam situasi yang benar-benar nyata, sehingga tidak selalu terfokus pada objek tersebut. Fitur dari aliran ini adalah representasi objek yang harus sangat detail. Tokoh yang mempopulerkan aliran realisme adalah Tarmizi dan Basuki Abdullah.

3. Seni asmara yang indah
Seni romantik adalah genre yang lebih menitikberatkan pada nilai-nilai estetika, irasional, dan fantastis, biasanya menggambarkan kisah-kisah romantis atau dramatis. Kesenian ini menggunakan warna yang paling cemerlang dan menakjubkan. Tokoh populer termasuk Ferdinand Victor dan Raden Saleh.

4. Seni ekspresionis
Ekspresionisme adalah gerakan seni yang menitikberatkan pada curahan batin sang pencipta, biasanya dihasilkan dari imajinasi atau perasaan. Tokoh yang mempopulerkan aliran tersebut antara lain Affandi dan Paul Gauguin.

5. Impresionisme artistik
Impresionisme adalah aliran seni yang berfokus pada pembuatan kesan objek yang digambarkan secara sekilas. Inilah yang membuat aliran ini tidak memperhatikan detail dan cenderung kabur. Orang terkenal di sekolah itu adalah Solichin dan Aguste Renoir.