7 Hewan Unik ini Bisa Kamu Pelihara di Akuarium

Liputanberitaku.com — Menikmati keindahan akuarium, dengan segala pernak-pernik  alam, diyakini dapat memberikan efek relaksasi, berupa penurunan detak jantung, memperbaiki suasana hati, dan berbagai pengaruh positif untuk meningkatkan kualitas hidup.

Terlebih, jika kamu memelihara hewan di dalamnya. Pastilah akan menjadi lebih semarak dan menyenangkan. Nah, buat kamu yang tidak suka atau tidak telaten merawat ikan, tidak perlu skeptis dulu. Terdapat aneka spesies yang bisa kamu pelihara di dalam akuarium, lho. Tertarik? yuk kita bahas bareng bareng!

 

Kadal perut api

Nama lain binatang ini adalah Chinese fire belly newt. Untuk menyentuh kadal perut api, kamu harus menggunakan sarung tangan agar terhindar dari racun pada kulit perut mereka yang berwarna jingga menyala.

https://www.trubus.id/

Dan, agar mereka dapat hidup sejahtera, sediakan akuarium dengan porsi 70% air, dan 30% aneka aksesori berupa gabus apung, tanaman air, batang kayu, batu, dan kebutuhan lain yang menciptakan nuansa laiknya habitat asli mereka.

Udang hantu

Keunikan dari udang hantu, yaitu tubuh mereka yang nyaris transparan, dan sulit untuk dilihat.

kapanlagi.com

Mereka juga relatif mudah dipelihara, tidak membutuhkan perawatan yang rumit, serta mudah bertelur di akuarium.

Kepiting Cakar Merah

Cantik dipandang, namun berbahaya untuk disentuh. Kepiting cakar merah atau kepiting capit merah ini sangat agresif dan kuat. Mereka hidup dengan air payau dan membutuhkan area untuk bertengger di atas air.

https://rybalovka.com/

Dan, yang terpenting, kamu perlu memberi penutup yang aman agar ia tidak kabur.

Axolotl

Seperti bangsa salamander pada umumnya, axolotl memiliki kemampuan meregenerasi bagian-bagian tubuh, hingga otak mereka. Epik, bukan?

idntimes.com

Tapi, apabila kamu hendak memelihara mereka, setidaknya sediakan tangki dengan kapasitas 75 liter, karena axolotl cukup aktif bergerak. Tentu saja, perilaku tersebut berdampak pula pada perawatan akuarium yang semakin intens.

Kura-kura Brazil

Telinga merah menjadi ciri khas mereka. Kura-kura Brazil tergolong hewan peliharaan semi akuatik yang paling populer.

https://blog.kuranesia.com/

Mereka membutuhkan akuarium dengan sebagian besar air segar, dan sedikit area berjemur untuk menghangatkan diri.

Siput air tawar/ Keong

Dapat menjadi penghuni utama akuarium, bisa juga hidup berdampingan dengan hewan lainnya. Bebera jenis siput air tawar yang kerap menjadi peliharaan, yaitu keong apel, keong misteri, keong mas inca, keong nerite, dan keong kelinci.

depositphotos.com

Pastikan kamu memberi tutup pada akuarium, karena siput dapat dengan mudah memanjat dan kabur dari akuarium.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli