Bahaya Diet asal asalan! ini 5 tanda tubuh kekurangan gizi penting

Tanda Tubuh Kekurangan Gizi — Ada banyak sekali tips diet yang bisa kita dapatkan di internet, khususnya media sosial. Namun, yang perlu kamu pahami adalah, pola diet bukanlah sesuatu yang cocok untuk semua orang. Jadi, jangan asal mengikuti!

Selama belum memiliki pemahaman yang mendalam tentang kesehatan dan gizi dalam pola makan, hal tersebut justru akan membuat tubuh manusia kekurangan nutrisi penting.

Tanda Tubuh Kekurangan Gizi

Tanda Tubuh Kekurangan Gizi
Tanda Tubuh Kekurangan Gizi

Melansir Today, ahli gizi dari Cleveland Clinic Wellness & Preventive Medicine dan penulis, Kristin Kirkpatrick menyebutkan beberapa tanda fisik yang mungkin terjadi jika tubuhmu kekurangan gizi penting:

Gusi berdarah

Gusi berdarah sebenarnya bisa menjadi “sinyal” untuk beberapa hal, termasuk radang gusi atau menyikat keras. Namun, sebuah meta-analisis baru-baru ini menemukan bahwa gusi berdarah juga bisa menjadi tanda kekurangan vitamin C dalam tubuh.

Menambah asupan vitamin C bisa membantu mengurangi masalah pendarahan tertentu. Sayuran (seperti brokoli) atau buah-buahan (seperti jeruk, pepaya, dan berry) mengandung vitamin C yang tinggi, yang bisa kita konsumsi setiap hari.

Luka yang susah sembuh

Faktor penyembuhan luka memang ada banyak, namun sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kurang asupan vitamin B juga bisa menyebabkan luka susah sembuh. Vitamin B bisa didapatkan dengan banyak mengonsumsi gandum utuh, daging tanpa lemak, telur, hingga sayur-sayuran berdaun hijau gelap.

Rambut rapuh atau rontok

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari masalah genetik atau hormonal. Stres juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Rambut rontok juga bisa menjadi tanda kekurangan protein dan asam lemak esensial dalam tubuh. Laporan tahun 2017 dalam Journal of International Society of Dermatoscopy menemukan bahwa kekurangan nutrisi penting memengaruhi struktur dan pertumbuhan rambut.

Selain itu, zinc, niasin dan biotin, asam amino dan asam lemak esensial merupakan bahan penting untuk menjaga kesehatan rambut. Review tersebut juga menemukan bahwa suplemen seperti vitamin A dan selenium dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Kulit memerah

Kondisi peradangan yang disebut rosacea bisa menimbulkan tampilan kulit memerah dan perlu penanganan dokter kulit. Pola makan yang buruk dan sinar matahari adalah “musuh” untuk kulit yang sehat. Sudah banyak penelitian yang membuktikan hal itu.

enelitian sebelumnya juga menemukan keterkaitan obesitas dan kondisi kulit yang kering dan bersisik. Untuk mengurangi risiko memiliki masalah kulit, pastikan Anda menerapkan pola makan dengan mengonsumsi lebih banyak pangan alami, mengusahakan variasi warna makanan, serat dan membatasi lemak jenuh.

Kesimpulan Tanda Tubuh Kekurangan GiziĀ 

Nah, jika lain kali Anda mau menjalani diet, pastikan pola diet yang Anda jalani adalah pola diet sehat, sehingga terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan. Agar bisa mendapatkan target diet yang tepat sasaran namun tidak berbahaya bagi kesehatan.