Apa yang Dimaksud Dengan Meluncur pada Teknik Berenang

Apa yang Dimaksud Dengan Meluncur pada Teknik Berenang–Gerakan planing merupakan salah satu teknik dasar olahraga renang. Semua jenis renang dimulai dengan gerakan planing. Gerak meluncur adalah gerakan meluruskan badan di dalam air atau sejajar dengan permukaan air sebagai awalan untuk berenang.

Banyak pendapat yang menjelaskan pengertian olahraga ini, namun singkatnya renang adalah olahraga yang dilakukan di dalam air dengan menggerakkan badan (tangan dan kaki) agar tidak tenggelam.

Jauh sebelum renang resmi diluncurkan, mereka sudah lama berenang. Ditemukannya lukisan perenang di dinding Gua Renang, tak jauh dari Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir, menjadi bukti bahwa kegiatan berenang telah didokumentasikan dengan jelas sejak zaman prasejarah. Lukisan-lukisan di gua menggambarkan orang berenang dengan gaya bebas seperti binatang saat mereka berenang.

Apakah freestyle benar-benar ada di era itu? Menurut Badruzzaman, segel lilin yang menggambarkan empat perenang berlatih gaya bebas antara 400 dan 900 SM. bisa memberikan bukti bahwa gaya bebas sudah ada sejak zaman dahulu.

Orang Romawi dan Yunani kuno menghargai kemampuan berenang untuk keperluan militer. Prajurit itu harus selamat dari semua kondisi, termasuk tenggelam atau melarikan diri ke air. Prajurit, ksatria, dan samurai harus tahu cara berkuda, memasak, menembak, berburu, bernyanyi, dan berenang.

Apa yang Dimaksud Dengan Meluncur pada Teknik Berenang

Diskusi
Berenang adalah salah satu olahraga air paling populer di dunia. Berenang sangat diminati karena memiliki banyak efek menguntungkan bagi tubuh manusia. Ada 4 gaya pukulan yang biasa digunakan dalam renang diantaranya :

  1. renang gaya bebas.
  2. Gaya dada.
  3. Kembali.
  4. Kupu-kupu berenang.
  5. Masing-masing dari empat gaya dimulai dengan gerakan meluncur.

Meluncur merupakan teknik dasar dalam gaya renang. Gerakan meluncur dilakukan dengan cara meluruskan setiap anggota tubuh di dalam air atau sejajar dengan permukaan air. Dari keempat gaya tersebut, hanya gaya punggung, dimana gerakan meluncur dilakukan dengan posisi berbaring. Pada renang gaya bebas, gaya dada, dan kupu-kupu, gerakan planing dilakukan dengan posisi tengkurap. Selain itu, dalam olahraga renang, gerakan meluncur juga memudahkan perenang untuk melakukan gerakan renang.