Persamaan Indonesia dan Malaysia

Persamaan Indonesia dan Malaysia–Persamaan dan perbedaan antara Indonesia dan Malaysia:

Persamaan:

1. Keduanya adalah negara Asia Tenggara

2. Keduanya adalah negara mayoritas Muslim

3. Keduanya adalah negara yang penduduk rumah tangganya berkebangsaan Malaysia

Perbedaan

1. Indonesia adalah republik sedangkan Malaysia adalah kerajaan.

2. Indonesia adalah negara kesatuan sedangkan Malaysia adalah negara federal atau negara kesatuan.

3. Indonesia merupakan negara dengan sistem politik presidensial, sedangkan Malaysia menganut sistem parlementer.

Persamaan Indonesia dan Malaysia

Pembahasan:

Indonesia dan Malaysia adalah dua negara Asia Tenggara yang memiliki banyak kesamaan budaya, itulah sebabnya Malaysia sering disebut sebagai “negara tetangga” di Indonesia.

Kemiripan tersebut antara lain dari segi jumlah penduduk, dimana mayoritas agama yang dianut oleh penduduk kedua negara adalah Islam. Selanjutnya, kedua negara, Bahasa Malaysia dan Bahasa Indonesia, keduanya merupakan bahasa yang berasal dari bahasa Melayu. Karena itulah, kedua negara ini sering disebut sebagai negara keluarga Malaysia.

Meskipun ada kesamaan, ada juga banyak perbedaan antara kedua negara. Indonesia adalah negara republik yang kepala negaranya adalah presiden yang dipilih oleh rakyat setiap 5 tahun sekali. Sedangkan di Malaysia, kepala negaranya adalah raja bergelar “Yang in Tuan Agung”, yang dipilih dari kalangan raja dan sultan negara Malaysia setiap 5 tahun sekali.

Negara-negara bagian yang membentuk Malaysia sebagai negara federal juga membedakannya dengan Indonesia yang merupakan negara kesatuan. Di Malaysia, setiap negara bagian memiliki penguasa, sultan atau rajanya sendiri, dan perdana menterinya sendiri. Sedangkan di Indonesia sebagai negara kesatuan, norma hukumnya sama di semua provinsi.

Secara politik, Indonesia menganut sistem presidensial, dimana presiden sebagai kepala pemerintahan dipilih langsung oleh rakyat, dan menteri kabinet dipilih oleh presiden dan bertanggung jawab kepada presiden.

Sedangkan Malaysia menganut sistem parlementer dimana Perdana Menteri Malaysia dipilih sebagai kepala pemerintahan oleh Parlemen Malaysia. Menteri kabinet Malaysia dipilih oleh perdana menteri, tetapi kabinet bertanggung jawab kepada parlemen dan dapat diberhentikan dengan mosi tidak percaya.