Letak Astronomis Benua Antartika

Letak Astronomis Benua Antartika–Antartika adalah salah satu benua paling misterius di dunia. Benua Antartika biasanya diceritakan seluruh permukaannya tertutup es, meskipun ada yang mengklaim bahwa tidak semua bagian benua Antartika tertutup es.

Letak Astronomis Benua Antartika

Diskusi
Dari sudut pandang astronomi, benua Antartika adalah a

66,5⁰LS – 90⁰LS.

Berdasarkan letak astronomis tersebut, dapat disimpulkan bahwa benua Antartika secara geografis terletak di Kutub Selatan Bumi. Di permukaan bumi, benua Antartika dikelilingi oleh samudra-samudra besar dunia, yaitu samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Karena letaknya yang berada di Kutub Selatan Bumi, maka benua Antartika secara alami sangat berbeda dengan benua lainnya, sehingga benua Antartika memiliki keunikan tersendiri.

Kondisi Antartika
Hampir seluruh benua tertutup es setebal 2,5 km. Bergantung pada garis lintang dan waktu siang atau malam yang konstan, iklim yang biasanya dialami manusia tidak ada di benua itu. Diperkirakan 1.000 orang tinggal di Antartika pada satu waktu. Namun, ini juga tergantung pada musim.

Meskipun kami tidak menemukan pemukiman permanen, 29 negara yang telah menandatangani Traktat Antartika memiliki stasiun penelitian yang biasanya digunakan sepanjang tahun. Tidak ada tanaman yang bisa bertahan hidup karena terlalu basah dan dingin. Sedangkan hewan yang hidup di kawasan tersebut adalah pinguin.

Penguin adalah sejenis burung yang tidak bisa terbang. Penguin adalah penyelam yang luar biasa. Sementara itu, hewan lain juga bisa hidup di sini: singa laut, anjing laut, dan paus.

Karakteristik Wilayah Antartika

Iklim Antartika tidak akan menyebarkan polusi, namun justru akan menjaganya. Polusi bisa mengancam ekologi yang berproduktivitas tinggi di wilayah lautan bagian selatan. Di bawah es dan salju Antartika telah ditemukan timbunan emas, bijih besi, dan logam lainnya yang sangat berharga.

Demikian informasi mengenai letak astronomis benua Antartika yang bisa kamu simak. Dengan informasi tersebut, kamu jadi lebih tahu banyak hal untuk menjawab rasa penasaran kamu terhadap benua ini.