Daftar Kampus Paling Ngetop di Instagram, Twitter, dan YouTube

ccaFaceDaftar Kampus Paling Ngetop di Instagram — Pengelolaan akun media sosial (medsos) dan website universitas sangat penting dilakukan untuk memastikan ratusan mahasiswa dan calon mahasiswa dapat mengikuti perkembangan yang terjadi di kampus. Berikut adalah pemeringkatan kampus berdasarkan riset kewirausahaan edutech RevoU yang secara aktif menggunakan Instagram, Twitter, YouTube, LinkedIn dan website universitas.

kita sering mendengar bahwa perguruan tinggi di Indonesia kerap mendapat pengakuan akademis dari masyarakat dunia. Baik itu melalui survei yang dilakukan oleh lembaga khusus maupun dari pakar akademisi. Tentunya ini berita baik dan membanggakan bagi kita masyarakat Indonesia, khususnya para mahasiswa/mahasiswi.

Daftar Kampus Paling Ngetop di Instagram

kali ini kami mencoba lebih mempersempit soal pembahasan perguruan tinggi yang populer pada area media sosial, mulai dari platform facebook, twitter, instagram, hingga youtube.

Pembahasan ini mengacu pada adopsi media sosial sebagai salah satu corong alternatif komunikasi dengan masyarakat. Selain amat bermanfaat sebagai media promosi, media sosial tentunya juga berguna sebagai sarana komunikasi dan literasi, terlebih apalagi di masa pandemi Covid-19 aktivitas perkuliahan tidak lagi dilakukan lewat tatap muka langsung.

Daftar Kampus Paling Ngetop di Instagram, Twitter, dan YouTube
Daftar Kampus Paling Ngetop di Instagram, Twitter, dan YouTube

Saat ini, banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memaksimalkan fungsi media sosial, baik untuk tujuan kegiatan belajar mengajar, penerimaan mahasiswa baru, maupun kehumasan.

Meski begitu, bukan berarti adopsi media sosial baru mereka lakukan sekarang. Sebagian besar memang sudah lama memanfaatkan media sosial untuk tujuan-tujuan tersebut.

Salah satu lembaga riset yang melakukan pantauan untuk melihat seberapa jauh perguruan-perguruan tinggi di Indonesia memanfaatkan media sosial adalah Lifepal. Hasilnya, di dapat data perguruan tinggi dengan aktivitas media sosial terbaik pada rentang waktu Juni 2020. Yang artinya, data tersebut tentunya bisa berubah-rubah pada rentang hari/bulan/maupun tahun.

Riset dilakukan dengan mencari informasi seberapa banyak followers (pengikut), like (penyuka), dan subscriber (pelanggan) akun resmi media sosial dari masing-masing perguruan tinggi.

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati posisi pertama sebagai perguruan tinggi negeri dengan jumlah like Facebook terbanyak pada Juni 2020, totalnya mencapai 428,1 ribu likes pengguna Facebook. Salah satu aktivitas yang selalu dilakukan UGM di akun Facebooknya adalah memposting berita-berita terbaru yang terpampang di situs resmi UGM.

Lalu di tempat kedua ada Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 242,1 ribu, Universitas Terbuka (UT) dengan 211,2 ribudi tempat ketiga, Universitas Padjajaran (Unpad) di peringkat empat dengan 183 ribu, dan Universitas Indonesia (174,6 ribu) yang menutup posisi lima besar.

Sementara di posisi 6-10 besar, daftarnya adalah:

  • Universitas Diponegoro/Undip (114,6 ribu),
  • Institut Pertanian Bogor/IPB (98 ribu),
  • Universitas Sebelas Maret (97,6 ribu),
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (79,6 ribu), dan
  • Universitas Airlangga/Unair (78,9 ribu).

Daftar Kampus Paling Ngetop di Facebook

Catatan lain datang dari perguruan tinggi swasta yang sukses mendapat like terbanyak di halaman Facebook adalah Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali, dengan jumlah 280,6 ribu di akhir Juni 2020.

STIKOM Bali secara umum berbeda cara dengan UGM dalam memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan konten di situs resmi ke media sosial. STIKOM Bali melakukan mirroring yang berasal dari akun instagram mereka.

Hal itu menyebabkan seluruh postingan di instagram muncul di facebook. Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Universitas Mercubuana Jakarta dengan jumlah 150,1 ribu, Universitas Trisakti di angka 100,1 ribu, dan Universitas Bina Nusantara (Binus) di 96,2 ribu, dan lima besar kamus terpopuler di facebook ditutup oleh Prasetiya Mulia Business School (54,9 ribu).

Sementara untuk posisi 6-10 dari kampus swasta terpopuler di facebook adalah:

  • Universitas Muhammadiyah Malang (47,5 ribu),
  • Universitas Paramadina (47,1 ribu),
  • STT Terpadu Nurul Fiqri (47 ribu),
  • Universitas Pelita Harapan/UPH (40,5 ribu), dan
  • Universitas Surabaya (39,2 ribu).

Daftar Kampus Paling Ngetop di Twitter

Untuk media sosial twitter, UI menduduki posisi pertama dalam ranking dengan follower terbanyak. Jumlah follower kampus negeri ternama ini mencapai 1,2 juta di akhir Juni 2020.UI memang sangat aktif dalam memanfaatkan media sosial yang satu ini, dengan selalu aktif melakukan re-post konten mereka yang ada di instagram. Seluruh postingan yang ada di twitter UI adalah informasi teranyar dari kampus tersebut.

Posisi kedua ada UGM dengan jumlah follower sekira 1 juta, lalu ada Unpad dengan follower 969,4 ribu, ITB 869 ribu, dan Universitas Terbuka (UT) dengani 774,7 ribu.

Laman instagram juga menjadi salah satu cara perguruan tinggi berinteraksi di media sosial, dan lagi-lagi UGM yang masuk dalam ranking tertinggi dengan follower yang mencapai 571 ribu di akhir Juni 2020.

Jika kawan GNFI mengunjungi akun instagram UGM, maka kampus ini sering mempromosikan melalui koneten UGM Update yang berisikan informasi live streaming dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus tersebut.

Live tersebut ternyata tidak hanya berlangsung di instagram saja, melainkan di platform lain seperti youtube, facebook, dan twitter.

Lalu di tempat kedua ada UI dengan jumlah follower yang mencapai 544 ribu, diikuti oleh STAN dengan 397 ribu, ITB di 213 ribu, dan Unbraw dengani 206 ribu yang menutup lima terbesar.

Lalu untuk peringkat 6-10 kampus negeri dengan follower instagram terbanyak adalah:

  • Unpad (178 ribu),
  • IPB (157 ribu),
  • Unair (127 ribu),
  • Universitas Sebelas Maret (122 ribu), dan
  • Universitas Negeri Malang (106 ribu).

Daftar Kampus Paling Ngetop di Youtube

Kategori terakhir adalah perguruan tinggi negeri yang paling moncer di kanal youtube. Dan, perguruan tinggi negeri dengan subscriber youtube terbanyak adalah STAN yang mencatatkan 76,2 ribu subscriber.

Kemudian di posisi kedua ada ITB dengan 74 ribu subscriber, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan 43,8 ribu, UT dengan total 43,3 ribu, dan Unpad dengan 29,4 ribu subscriber.

Sementara untuk posisi 6-10 kampus negeri dengan subscriber youtube terbanyak adalah:

  • UI (25,2 ribu),
  • UGM (24,9 ribu),
  • Unair (22,3 ribu),
  • IPB (19,1 ribu), dan
  • Universitas Negeri Yogyakarta (18,5 ribu).

 

Dari data di atas, bisa dikatakan bahwa jumlah audiens (follower, subscriber, like) di media sosial perguruan tinggi negeri (PTN) memang jauh lebih besar ketimbang perguruan tinggi swasta (PTS)

 

 

 

 

 

 

 

 

#atetikel-asli