Tips Melamar Kerja Buat Kamu Para Fresh Graduate

Liputanberitaku.com — Mencari lowongan pekerjaan di saat pandemi memang memiliki tantangannya sendiri. Selain karena banyak kasus perusahaan yang memotong gaji karyawannya untuk menutupi beban perusahaan, bahkan pengurangan karyawan menjadi pilihan yang tidak bisa dihindarkan. Meski tidak mudah, tapi melamar pekerjaan impian di tengah pandemi bukanlah tidak mungkin.

Buktinya, masih banyak perusahaan lain yang tetap membuka lowongan pekerjaan di kantor mereka. Tapi yang sering menjadi pertanyaan, “apakah sebagai fresh gradute peluang untukmu mendapatkan pekerja lebih besar ketimbang yang sudah memiliki pengalaman?

Meski orang berpengalaman memiliki lebih banyak peluang, nyatanya banyak karyawan yang tetap ingin mengundurkan diri saat pandemi terjadi.

Sebuah studi oleh McKinsey & Company menunjukkan bahwa wanita lebih mungkin meninggalkan perusahaan selama pandemi. Alasannya pun beragam, mulai dari kecemasan dan kelelahan hingga kesehatan mental. Sehingga meski kamu fresh graduate, kamu tetap memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan guna mengisi kekosongan dari posisi yang ada.

yuk kita simak Tips memilih perusaahaan bagi fresh graduate di bawah ini :

Pastikan perusahaan tempatmu melamar sudah terdaftar

Ada banyak kasus perusahaan yang berdiri tapi tidak berbadan hukum, sehingga kamu perlu cermat untuk memilihnya. Agar memastikan bahwa perusahaan yang ingin kamu lamar sudah berbadan hukum, kamu bisa melakukan pengecekan di website Ditjen Ahu Online.

Jangan langsung tergiur gaji besar

Wajib bagi kamu untuk tidak mudah tergiur gaji besar! Dengan pengalaman yang minim, tentu patut dicurigai jika kamu mendapat tawaran gaji yang besar. Selain bisa jadi itu modus penipuan atau belum dipotong pajak, artinya gaji yang kamu terima belum bersih.

Tunjangan yang diberikan

Sebagai fresh graduate kamu pasti langsung senang saat mendapat offering dari perusahaan, tapi tidak begitu aware dengan tunjangan yang didapatkan. Padahal tunjangan begitu penting dan menjadi bagian dari hak kamu selama menjadi pegawai di perusahaan tersebut.

Tunjangan yang paling dasar adalah BPJS. Jaminan kesehatan ini akan memberikan kamu perasaan aman selama bekerja. Selain BPJS, biasanya perusahaan besar lebih memilih asuransi karena kemudahan dan kenyamanan bagi para pegawainya.