Hari Hutan Sedunia, Ini Dia Wisata Hutan Indonesia yang Menawan

Liputanberitaku.com — Hari Hutan sedunia  atau International Day of Forest ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam Resolusi PBB 67/200 pada tanggal 21 Desember 2012.

Secara singkat disebutkan tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam memperingati Hari Hutan Sedunia, yaitu agar setiap orang sadar akan perlindungan tersebut. hutan. Menjaga kelestarian semua makhluk hidup di bumi.

Hari Kehutanan Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 1971, dan yang mengajukan gagasan ini adalah Konferensi Organisasi Pangan dan Pertanian ke-16 yang diadakan pada tanggal 21 Maret setiap tahun.

Di Indonesia terdapat beberapa hutan yang telah dijadikan taman nasional dan menjadi tujuan wisata. Dengan demikian, masyarakat dapat mengenal lebih dekat hutan dan hewan-hewan di dalamnya. Berikut ini  deretan wisata hutan di Indonesia yang patutu dikunjungi  agar makin cinta dengan alam:

Taman Nasional Way Kambas

Terletak di Lampung, ujung paling selatan pulau Sumatera, Taman Nasional Way Kambas merupakan rumah bagi gajah sumatera.

https://www.batiqa.com/

Tidak hanya gajah, taman ini juga dihuni spesies langka lainnya, seperti harimau sumatera, badak sumatera, berbagai jenis burung, dan tapir.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman nasional yang berada di Kalimantan ini menjadi salah satu wisata yang wajib dikunjungi saat ada di Kalimantan. Terletak di provinsi Kalimantan Tengah, kawasan ini kemudian menjadi Taman Nasional pada 1982.

https://travelounge.co/

Orangutan adalah magnet bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Wisatawan banyak yang datang hanya untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan orangutan.

Cagar Alam Tangkoko

Cagar alam ini memiliki tempat wisata paling banyak dicari dan dikunjungi, yaitu Taman Batu Putih. Di sini, wisatawan dapat melihat langsung tarsius bermata lebar dan menawan.

https://www.liputan6.com/

Tarsius merupakan jenis primata yang berukuran kecil atau tidak lebih besar dari ukuran tangan pria dewasa. Kera hitam jambul, burung maleo, kuskus, burung enggang, dan elang laut perut putih juga dapat ditemukan di sini.

Taman Nasional Gunung Leuser

Sumatera Taman Nasional Gunung Leuser berada di dua provinsi paling utara di Pulau Sumatera, yaitu Aceh dan Sumatera Utara.
Hutan hujan tropis di sini menjadi rumah untuk puluhan orangutan, harimau sumatera, gajah sumatera, dan badak sumatera.

https://foresteract.com/

Hewan lainnya yang mendiami taman ini yaitu, mamalia, reptil, ikan, hingga lebih dari 350 jenis burung.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran atau sering dikenal Afrika kecil di Pulau Jawa ini menyuguhkan pemandangan sabana dengan latar belakang Gunung Baluran.

https://travelspromo.com/

Di arah timur taman nasional Blauran, terdapat pantai Bama yang menyajikan pasir putih dan laut biru. Di sini, pengunjung dapat melihat rusa dan monyet yang hidup bebas di alam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli