Modifikasi CB150R Paling Mantap Tahun ini

Modifikasi CB150R – Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang modifikasi Yamaha Vixion, kali ini giliran Honda CB150R. Seperti diketahui, CB150R merupakan rival abadi Yamaha Vixion di kompetisi sportbike 150cc Indonesia. Keduanya memiliki mesin 150cc yang bertenaga dan mampu menghasilkan torsi yang besar. Bedanya, Honda CB150R menggunakan transmisi manual 6 percepatan sedangkan Yamaha Vixion menggunakan transmisi manual 5 percepatan, keduanya dipadukan dengan sistem pembakaran injeksi bahan bakar.

Bahkan, Yamaha juga memiliki Vixion R yang menggunakan transmisi manual 6 percepatan. Sayangnya, harga Yamaha Vixion R lebih tinggi dari harga motor ini sebesar HUF 25-27 juta. Alhasil, rata-rata orang Indonesia punya standar Vixion atau Honda CB150R. Sesuai spesifikasinya, CB150R ditenagai mesin DOHC 4 katup yang mampu menghasilkan tenaga 12,4 kW atau tenaga 16,9 hp pada 9000 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7000 rpm.

Meski harga Honda CB150R lebih murah dari Vixion R, namun performa motor ini tidak perlu diragukan lagi. Kemudian gunakan rangka teralis untuk menciptakan tampilan yang lebih kekar. Semua bidang pencahayaan, seperti lampu depan, lampu indikator, dan lampu belakang, dilengkapi dengan teknologi LED, yang menjamin intensitas cahaya dan efisiensi energi yang lebih baik. Honda CB150R juga memiliki fairing bawah yang sporty sehingga memberikan tampilan dan karakter yang lebih sporty. Ada juga knalpot berdesain poligonal yang agresif dengan penutup aluminium.

Bagi yang kurang puas dengan desainnya, bisa melakukan perubahan. Nah, motor ini sangat mudah dimodifikasi karena banyak aksesoris aftermarket yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan Honda CB150R. Anda juga bisa mengubahnya menjadi motor Masbro Full Fairing atau menggunakan gaya Thailook yang semakin fashionable di kalangan anak muda. Masih banyak lagi mod stream yang bisa sobat terapkan. Sebagai referensi, lihat gambar modifikasi CB150R di bawah ini.

Modifikasi CB150R Paling Mantap Tahun ini

Modifikasi CB150R
Modifikasi CB150R

Salah satu hal yang dilakukannya saat memodifikasi CB150R adalah mengganti knalpot. Seperti terlihat di atas, kedua motor modifikasi Honda CB150R ini menggunakan knalpot aftermarket bermerek ProSpeed. Di pasaran, harga knalpot ProSpeed ​​​​​​​​Honda CB150R adalah HUF 1-4 jutaan. Harganya memang mahal karena merupakan knalpot original yang sudah terbukti kualitasnya. Kalau mau knalpot lebih murah bisa beli NOB1, R9 atau merk lain.

Honda juga menawarkan berbagai aksesoris resmi Honda CB150R seperti sarung jok, tangki bahan bakar, cover radio, cover mesin, fender remover, wheel list dan sticker kit. Asesoris resmi ini bisa jadi pilihan pertama Anda karena kualitasnya lebih baik dari asesoris aftermarket yang terkadang merupakan produk palsu. Selain itu, Anda dapat mengganti kaki-kaki dengan suspensi depan Upside Down dan velg balap dengan tapak ban yang lebih besar, menjadikan motor ini lebih sporty dan berotot.

Bensin RON 92 termurah yang beredar di Indonesia ini tentunya dihadirkan oleh Pertamina selaku produsen lokal dengan jenis bensin Pertamax. Namun baru-baru ini, Pertamax mengalami kenaikan harga.

Dari semula Rp 12.500/liter, kini menjadi Rp 14.500/liter, artinya naik Rp 2.000 per liter. Honda CB150R Streetfire memiliki tangki bensin berkapasitas 12 liter yang dibungkus dengan body shell yang elegan.

Dengan semakin mahalnya Pertamax, tentunya ada juga perbedaan biaya bahan bakar mesin ini. Dengan harga Rp 12.500, tangki Honda CB150R Streetfire bisa terisi penuh seharga Rp 150.000.

Jadi dengan harga Pertamax baru yang sekarang Rp 14.500, maka harganya Rp 174.000 sekali isi penuh. Artinya, ada selisih Rp 24.000 untuk mengisi penuh tangki Honda CB150R Streetfire.

Apakah masih cukup terjangkau?

Teknologi DOHC milik StreetFire CB150R sebenarnya diterapkan pada CBR150 yang sudah bertahun-tahun dipasarkan di Indonesia. Teknologi serupa digunakan pada CBR 250. Lantas apa saja keunggulan mesin DOHC pada motor sport Honda? Karena salah satunya beban akselerasi mesin jauh lebih banyak dibandingkan mesin SOHC.

All-new CB150R StreetFire dibanderol Rp 29,7 juta (OTR Jakarta) untuk model Standar dan Rp 30,7 juta (OTR Jakarta) untuk model Edisi Khusus (SE).

Pada April 2021, Honda dan Suzuki melakukan penyesuaian harga. Menjelang Lebaran, hanya Yamaha yang mengalami kenaikan harga, khususnya MT-15. Harga MT-15 naik menjadi Rp 200.000. Harganya sekarang Rp 37,13 juta (OTR Jakarta). Tidak ada perubahan dari segi fitur maupun desain.

Nah itulah konsep modifikasi CB150R Streetfire yang bisa anda terapkan pada motor kesayangan anda. Gaya apapun yang Anda pilih, motor sport 150cc ini pasti tampil lebih baik dan tampil beda dari Honda CB150R lainnya. Perubahan sebenarnya tergantung pada anggaran yang tersedia. Jika Anda memiliki anggaran yang besar, Anda dapat mengubahnya menjadi model scrambler atau full fairing. Sedangkan yang berbudget terbatas bisa menukar knalpot, ban, atau velg. Penasaran dengan modifikasi CB150R yang mana?