Tak Lolos SNMPTN? Masih Ada SBMPTN dan Seleksi Mandiri, Berikut Informasinya

Liputanberitaku.com — Hasil Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negri (SNMPTN) diumumkan pada Senin (22/3/2021). Sebanyak 110.459 calon mahasiswa dinyatakan lolos SNMPTN 2021. Rinciannya, 100.356 calon mahasiswa diterima di PTN pilihan 1 dan 10.103 diterima di PTN pilihan 2.

 

Sementara itu di sisi lain, sebanyak 744.140 calon mahasiswa dinyatakan tidak lolos SNMPTN. Namun meskipun tidak lolos SNMPTN, masih dapat mengikuti seleksi masuk PTN melalui jalur lainnya, yakni Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2021 dan jalur mandiri PTN.

 

Selain SNMPTN, jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri bisa melalui tes Seleksi Bersama Masuk Pergurian Tinggi Negeri (SBMPTN). Apabila SNMPTN hanya mengalokasikan 20 persen dari total penerimaan PTN, maka SBMPTN bisa lebih besar karena alokasinya mencapai 40 persen kapasitas mahasiswa baru.

 

Adapun pendaftaran untuk UTBK-SBMPTN ini masih dibuka hingga 1 April 2021. Berbeda dengan SNMPTN yang proses seleksinya menggunakan nilai hasil belajar selama di bangku SMA, pada SBMPTN peserta akan diseleksi berdasarkan hasil tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diikuti.

 

Cara pendaftaran, aturan, syarat, dan biaya SBMPTN dapat dilihat di Pendaftaran UTBK-SBMPTN Ditutup 1 April, Begini Syarat dan Cara Daftarnya.

 

Jalur seleksi mandiri adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri selain SNMPTN dan UTBK- SBMPTN. Waktu pelaksanaan Seleksi Mandiri biasanya dilakukan setelah PTN menyelesaikan proses tahapan UTBK-SNMPTN. Meskipun demikian, tidak semua PTN membuka jalur masuk yang satu ini. Misalnya Institut Teknologi Bandung (ITB) yang hanya membuka jalur masuk lewat SNMPTN dan SBMPTN saja.

 

Selain itu, untuk proses seleksi jalur mandiri ini bisa menggunakan nilai UTBK-SBMPTN yang telah keluar sebelumnya. Mengenai jadwal pelaksanaan Seleksi Mandiri di masing-masing PTN waktunya bisa berbeda-beda. Calon mahasiswa bisa mengecek informasinya di masing-masing website universitas.

 

Sebagai contoh, Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka beberapa cara seleksi lain di jalur mandiri ini selain menggunakan hasil UTBK. Seperti jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), jalur Ketua OSIS, jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) dan jalur Kelas Internasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli