5 Pohon Penyerap Polusi Terbaik Yang Cocok Ditanam Di Lingkungan Rumah

Liputanberitaku.com — Ada beberapa pohon penyerap polusi terbaik yang bisa kamu tanam di lingkungan rumah karena menanam pohon merupakan investasi untuk masa depan. Apa saja pohon penyerap polusi tersebut?

ak heran jika pepohonan kerap menghiasi jalanan di kota-kota besar. Dikutip Lifegate, masalah polusi memang menjadi masalah utama khususnya di kota yang minim ruang terbuka terhijau. Nah, salah satu cara mengatasi masalah polusi di lingkungan sekitar rumah adalah menanam pohon.

Berdasarkan penelitian Bologna‘s Institute of Biometeorology, ada sejumlah pohon yang mampu menyerap polusi dengan baik. Pohon sebagai sumber penghasil oksigen mampu membersihkan udara, menyerap karbon dioksida, dan memasok oksigen.

Untuk itu, menanam pohon di lingkungan rumah sangat disarankan karena membantu mengurangi efek polusi udara. Yuk, simak 5 pohon penyerap polusi yang bisa kamu tanam di sekitar rumah.

 

Pohon Hackberry

Pohon pertama yang mampu menyerap polusi terbaik adalah pohon hackberry. Pohon khas Eropa ini cepat tumbuh dengan ketinggian hingga 20 meter. Pohon hackberry mampu menyerap karbon dioksida setara 3.660 kg dalam 20 tahun dan secara efektif menangkap polutan.

http://southeastgarden.com/

Dengan ukurannya yang besar maka pohon ini cocok untuk ditanam di halaman yang luas. Hanya saja, pohon ini jarang ditemui di Indonesia karena tumbuh subur di Eropa seperti Jerman, Prancis, hingga Inggris.

Pohon Ash

Berdasarkan penelitian yang sama, pohon ash salah satu jenis pohon yang tumbuh cepat terutama di tahun-tahun awal. Kelebihan menanam pohon ash di lingkungan perumahan adalah dapat sifatnya yang dapat menyimpan lebih dari 3 ton CO2 dalam 30 tahun.

https://pixabay.com/

Pohon yang sangat baik untuk mengurangi polutan ini merupakan investasi terbaik untuk masa depan dalam hal kesehatan di lingkungan rumah.

Pohon Mapel

Jika kamu ingin menanam pohon yang unik maka pohon mapel bisa jadi pilihan. Pohon mapel tergolong pepohonan cepat tumbuh dengan ketinggian hingga 25 meter.

https://rimbakita.com/pohon-maple/

Uniknya, pohon hias ini mampu memiliki kapasitas penyimpanan CO2 yang tinggi atau setara 4.807 kg dalam 30 tahun. Bibit pohon mapel juga tak susah didapat di Indonesia sehingga memudahkan kamu dalam menanamnya.

Pohon Oak

Pohon oak merupakan pohon dari keluarga fagacae. Salah satu jenis pohon penyerap polusi terbaik ini mampu menyerap sejumlah besar karbon dioksida hingga 4.000 ton.

https://www.cosmogirl.co.id/

Dengan kemampuan yang luar biasa, pohon ini sangat baik jika ditanam di lingkungan perumahan, kota, atau taman. Pohon ini juga cocok untuk dijadikan sebagai pondasi rumah pohon.

Pohon Linden

Pohon linden biasanya ditanam di kota dan sebagai pelengkap taman. Pohon ini sangat baik dalam menyerap CO2 dan secara efektif mengurangi kabut asap.

torg111.ru

Beberapa varietas pohon ini mudah ditemui di Indonesia dan bisa kamu tanaman di sekitar lingkungan rumah.

 

Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli