Manfaat dan Fungsi Musik Menurut Pakar Sains

Liputanberitaku.com — Musik bukan cuma kumpulan nada dan lirik yang menghasilkan bunyi-bunyian, loh! Lebih dari itu, musik memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh pendengarnya. Itulah sebabnya, musik sering di temukan di berbagai tempat, seperti restoran, pusat perbelanjaan, toko, dan kantor.

Tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga banyak fungsi musik lainnya yang jarang diketahui pendengarnya. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik memiliki efek positif pada kesehatan fisik, mental, dan otak.

Kini, Anda bisa merasakan manfaat musik kapan pun dan di mana pun melalui layanan musik digital, baik itu kemacetan, transportasi, antrean, kebosanan, kebosanan, belajar maupun bekerja.

Selain sebagai sarana hiburan, ternyata musik punya segudang manfaat loh! Mau tahu apa saja? Yuk Simak bareng bareng!

Mengurangi Rasa Sakit

Berdasarkan jurnal The Effects of Music on Pain: A Meta-Analysis, musik terbukti membantu orang meredakan nyeri dan mengurangi rasa sakit.

Pasien yang mendengarkan musik sebelum, selama, atau setelah operasi, mengalami rasa sakit lebih ringan dan kepuasan secara menyeluruh.

Meredakan stress

Musik memberikan efek secara langsung bagi hormon. Mendengarkan musik favorit, dapat menurunkan hormon kortisol penyebab stres. Musik juga memicu produksi dopamin yakni hormon kebahagiaan, sehingga suasana hati membaik dan tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Musik dengan tempo lambat, nada rendah, dan tanpa lirik terbukti mengurangi stres pada orang sehat dan orang yang menjalani prosedur medis.

Meningkatkan Kemampuan Fisik

Musik rupanya bukan hanya membuat kamu makin semangat olahraga, melainkan juga meningkatkan kemampuan fisik kamu loh! Irama pada musik mampu membuat kamu “tidak sadar” sedang mengeluarkan tenaga selama berolahraga, sehingga durasi olahraga kamu menjadi lebih lama.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Mendengarkan musik terbukti meningkatkan fungsi kognitif, memori, dan daya ingat, sehingga IQ juga akan meningkat. Jangan heran bila anak yang mengikuti pelajaran musik atau bisa memainkan alat musik, memiliki prestasi akademis yang lebih baik daripada yang tidak.

Meringankan Gangguan Mental

Mental illness atau gangguan mental ternyata dapat diatasi dengan melakukan terapi mendengarkan musik. Menurut jurnal The Neurochemistry of Music, para peneliti neurologis menemukan bahwa mendengarkan musik memicu pelepasan zat kimia dari saraf, sehingga baik untuk mental.

Terapi musik juga bisa meningkatkan kualitas hidup dan konektivitas sosial bagi penderita gangguan mental skizofrenia.

Mengurangi Kecemasan

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa musik berguna untuk mengurangi kecemasan, terutama bagi penderita anxiety. Musik yang dipadukan dengan suara alam bahkan membantu orang yang memiliki penyakit kronis merasa lebih rileks dan tenang.

 

Itulah  sekian banyak kelebihan dan manfaat musik yang perlu Anda ketahui. Pastikan volume lagu yang Anda tidak terlalu kencang  agar tidak mengganggu pendengaran Anda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli