Etika Islam Sebelum Berpakaian

Etika Islam Sebelum Berpakaian–Etika berpakaian menurut anjuran Islam harus diterapkan. Bagaimana cara berpakaian yang baik dalam Islam?

Berpakaian dan mendekorasi etiket adalah kegiatan yang sesuai dengan aturan masyarakat. Melainkan, aturan tersebut menitikberatkan pada nilai kesusilaan, moralitas, atau budi pekerti yang baik.

Berdandan dan mendekorasi adalah kecantikan yang unik bagi seseorang. Allah SWT juga menyukai keindahan dan harmoni. Nabi SAW selalu menganjurkan umatnya untuk selalu berpakaian yang baik.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-A’raf [7] ayat 26 demikian:

“Hai anak Adam! Kami memang membuat pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk menghiasimu. Tapi pakaian ketuhanan lebih baik. Ini adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan itu akan diingat.

Selanjutnya, Allah juga berfirman dalam Surat Al-A’raf [7] ayat 31:

“Hai keturunan Adam! Kenakan pakaian bagusmu di setiap (pintu masuk) masjid, dan makan dan minum, tapi jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebihan.”

Berikut tata cara berpakaian wanita dan pria dalam Islam :

1. Membaca doa
“Segala puji bagi Allah yang telah memberiku pakaian ini sebagai rezekiku tanpa upaya dan tanpa kekuatan dariku.”
2. Memulai dengan anggota badan sebelah kanan.
3. Tidak sombong.
4. Tidak berpakaian dengan pakaian jahiliyah.
5. Tidak menyerupai pakaian laki-laki atau perempuan.
6. Tidak menyerupai pakaian pendeta.
7. Tidak memakai sepatu sambil berdiri.

Etika Islam Sebelum Berpakaian

Penjelasan:

berdoa dan menaati adab berpakaian.

● berikut doa sebelum berpakaian :

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَسَانِيْ هَذَا (الثَّوْبَ) وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ .

artinya :

“Segala puji bagi Allah yang telah memakaikan kepadaku pakaian ini dan yang telah memberikan rizki pakaian ini kepadaku tanpa ada daya dan kekuatan dariku.” (HR. Abu Dawud).

Berpakaian menurut ilmu fiqih atau syriat islam yaitu menggunakan pakaian yg sederhana artinya tidak berlebihan , dan menutup aurat serta berpakaian yg rapih dan sopan dan juga mengikuti kodrat nya , jika seorang laki laki maka berpakaianlah seperti seorang laki laki dan bgitu pun dngan sebalik nya.