Cara Berkembang Biak Udang

Cara Berkembang Biak UdangUdang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua “genangan” air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan.

Udang juga dibudidayakan sebagai hewan peliharaan dalam akuarium. Beberapa jenis udang hias yang populer di antaranya:

  1. Cherry shrimp (Neocaridina heteropoda) Ada beberapa varietas Cherry shrimp berdasarkan warna: Red, Black, Blue, dan Yellow (Golden). Grade dengan warna yg lebih pekat selalu diawali kata ‘Super’, misal Super Red Cherry shrimp, tentu harga lebih mahal dari grade biasa.
  2. Bee shrimp (Caridina cantonensis sp.) Bee shrimp adalah spesies udang air tawar kecil yang berasal dari sungai di Cina selatan, memiliki masa hidup sekitar 18 bulan. Crystal/Bee adalah spesies udang hias yang relatif cukup mahal harganya, berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu per ekor. Ada beberapa varietas yang terkenal, yaitu Red Bee shrimp, Black Bee shrimp, White Bee shrimp, dan Golden Bee shrimp. Pada suhu air 22 derajat Celcius, waktu penetasan adalah 28 hari. Bee shrimp akan mengembangkan warna terbaiknya bila berada pada suhu sekitar 24–25 derajat Celcius.
  3. Udang Sulawesi Spesies endemik dari sebuah danau di Sulawesi. Terdapat 12 spesies udang Sulawesi yang terkenal di dunia, di antaranya: Celebes/Harlequin, Caridina Tigris, Orchid, Red Line, White Spot, Yellow Cheek, Yellow Nose.

Cara Berkembang Biak Udang

Pembahasan

Perkembangbiakan adalah cara memperbanyak atau melestarikan keturunan makhluk hidup. Tujuan dari trah ini adalah untuk menjaga jenis atau keturunannya dari kepunahan. Udang dipelihara dengan cara pemijahan (ovikultur). Lihat jenis ternak di bawah ini untuk detailnya:

Reproduksi seksual

Reproduksi seksual terdiri dari 3 tahap, yaitu bertelur (ovikultur), nifas (vivikultur), bertelur (ovikultur). Berikut penjelasannya:

Pemuliaan hewan dari telur (industri telur)

Cara ini dilakukan dengan percobaan pertumbuhan embrio dengan kuning telur. Dan dilindungi oleh cangkang. Kemudian tunggu beberapa hari hingga embrio tumbuh sempurna dan menjadi hewan/individu baru. Contoh hewan tersebut adalah masalah di atas, yaitu udang, ayam, bebek, dll.

Pemeliharaan domba (beranak prematur)

Reproduksi ini terjadi di dalam rahim hewan betina saat embrio tumbuh, embrio ini menerima energi/nutrisi dari induknya. Dan tunggu beberapa bulan untuk mendapatkan individu/binatang baru. Hewan tersebut misalnya kucing, sapi, kambing, dll.

Perkembangbiakan hewan ovovivipar (ovovivipar)

Cara ini dilakukan pada hewan betina dan terjadi pembuahan dalam bentuk telur. Zigot kemudian tumbuh menjadi embrio. Dan embrio ini sedang menunggu untuk tumbuh sempurna menjadi hewan/individu baru. Contoh hewan ini adalah katak.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa udang berkembang biak dengan cara bertelur. Karena embrio udang memiliki kuning telur dan dilindungi oleh cangkang. Kemudian tunggu beberapa hari agar embrio hewan tumbuh sempurna dan menjadi individu/hewan baru.