Melakukan Gerakan Meloncat dan Berputar

Melakukan Gerakan Meloncat dan Berputar–Saat olahraga, tak jarang kita akan melakukan berbagai gerakan, terutama saat berpindah tempat atau aktivitas lainnya. Gerakan seperti ini dikenal sebagai gerak ritmik, yang mencakup tiga gerakan dasar, yakni berjalan, berlari, dan melompat. Salah satu yang sering diajarkan oleh guru olahraga adalah gerakan melompat sambil berputar.

11. Melompat dan berputar adalah gerakan dasar dalam lingkaran (C).

12. Pengertian senam kebugaran jasmani (A) Serangkaian senam diiringi musik untuk menjaga kesehatan tubuh.

13. Berikut fungsi gerakan pemanasan (B) Persiapan kelenturan otot untuk melakukan olahraga dasar.

14. Pada senam ritmik fase pertama gerakan pada saat gerakan batang tubuh (D) Melakukan gerakan batang tubuh yang diawali dan diakhiri dengan gerakan peralihan.

15. Pada senam ritmik, gerakan fase kedua pada saat gerakan batang tubuh (A) Lakukan gerakan batang tubuh dengan mengayun.

Melakukan Gerakan Meloncat dan Berputar

Diskusi:
Berikut adalah penjelasan dari jawaban soal pilihan ganda di atas:

  • 11 pilihan jawaban (C) rotasi merupakan jawaban yang tepat, karena ada gerakan rotasi dan pada saat rotasi diawali dengan lompatan. Pilihan jawaban A, B, dan D salah karena tidak ada gerakan dasar memutar dan melompat.
  • 12 (A) Serangkaian senam diiringi musik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah jawaban yang tepat, karena sesuai dengan nama dan tujuan SKJ, fitnes. Pilihan jawaban B, C, dan D bukan merupakan jawaban yang benar karena tidak memenuhi fitness goal.
  • 13 pilihan jawabannya adalah (B) Mempersiapkan kelenturan otot untuk melakukan olahraga dasar, karena tujuan pemanasan adalah untuk meregangkan otot. Pilihan jawaban A, C dan D bukanlah jawaban yang benar karena tidak tercantum sebagai fitur pemanas.
  • 14, pilihan jawabannya adalah (D) Melakukan gerak dasar yang diawali dan diakhiri dengan gerak transisi merupakan jawaban yang tepat, karena gerak transisi merupakan awal dari segala perubahan pada gerak dasar dan pada fase latihan. Pilihan jawaban A, B dan C bukan merupakan jawaban yang benar karena tidak sesuai dengan langkah gerak dasar.
  • 15 pilihan jawabannya adalah (A) Melakukan gerakan badan dengan cara mengayun adalah jawaban yang tepat, karena langkah selanjutnya adalah melangkah dan mengayunkan lengan. Pilihan jawaban B, C, dan D salah karena tidak sesuai dengan gerak inti tahap kedua.