Angin Darat dan Laut Termasuk Perpindahan Panas Secara

Angin Darat dan Laut Termasuk Perpindahan Panas Secara–Konveksi adalah perpindahan kalor dari satu tempat ke tempat lain bersama dengan gerak partikel-partikel bendanya.

Air merupakan konduktor yang buruk. Namun, ketika air bagian bawah dipanaskan ternyata air bagian atas juga ikut panas. Berarti, ada cara perpindahan panas yang lain pada air tersebut, yaitu konveksi.

Saat air bagian bawah mendapatkan kalor dari pemanas, partikel air memuai sehingga menjadi lebih ringan dan bergerak naik dan digantikan dengan partikel air dingin dari bagian atas. Dengan cara ini, panas dari air bagian bawah berpindah bersama aliran air menuju bagian atas. Proses ini disebut konveksi. Pola aliran air membentuk arus konveksi.

Di pesisir terdapat arus konveksi berupa angin laut dan angin darat.

Selatan
Daratan menghangat lebih cepat daripada samudra (panas spesifiknya kecil), udara di atas daratan menghangat dan bergerak, digantikan oleh udara samudra. Kemudian angin laut bertiup.

Malam
Daratan mendingin lebih cepat daripada lautan, udara di atas lautan lebih hangat dan bergerak ke atas, digantikan oleh udara darat. Jadi angin darat bertiup.

Angin pantai
Oven, pemanggang roti, botol ajaib, dll. elemen pemanas biasanya terletak di bagian bawah. Saat diaktifkan, udara di bawah memanas dan bergerak ke atas, sedangkan udara dingin di atas bergerak ke bawah. Di beberapa peralatan, seperti pengering rambut, aliran konveksi dibantu (atau dipaksa) oleh kipas angin.

Angin darat dan angin laut merupakan contoh perpindahan panas secara konveksi. Perpindahan panas konvektif adalah perpindahan panas yang disertai dengan pergerakan partikel material.

Angin Darat dan Laut Termasuk Perpindahan Panas Secara

Diskusi
Perpindahan kalor adalah perpindahan kalor dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah. Perpindahan panas disebut juga kalor. Panas dapat dilakukan dengan tiga cara: konduksi, konveksi, dan radiasi.

konduktif adalah cara perpindahan panas melalui media. Sedangkan perpindahan panas radiasi adalah metode perpindahan panas secara radiasi.

Angin darat dan angin laut adalah contoh perpindahan panas berpasangan karena udara di atas daratan mendingin lebih cepat daripada udara di atas laut pada malam hari, sehingga udara di atas laut naik dan udara dari darat menggantikan posisi udara yang naik. Sedangkan angin laut terjadi karena daratan lebih cepat panas daripada laut pada siang hari sehingga menyebabkan udara darat naik dan udara dari laut ke darat menggantikan udara yang naik.