Tips Merawat Hamster yang Mudah untuk Pemula, Agar Tumbuh Sehat dan Aktif

Liputanberitaku.com — Hallo pet lovers Merawat hamster menjadi salah satu kegemaran anak-anak hingga dewasa. hewan peliharaan imut dan menggemaskan yang termasuk mudah dirawat. Seperti dapat dibayangkan, merawat hamster tidak semudah kelihatannya saat kita masih anak-anak. Tapi begitu kita terbiasa, mungkin malah merasa tidak terlalu sulit juga.

Semenjak membawa pulang ke rumah, pastikan untuk memiliki botol air dan mangkuk makanan. Buat anggota baru kecil kita ini merasa nyaman dan terbiasa di lingkungan baru. Hewan pengerat kecil ini adalah peliharaan rumah tangga yang cukup umum. Patut diketahui bahwa hamster memiliki beragam ras dengan karakteristik dan ukuran yang berbeda.

Hal ini akan membantu dalam mempersiapkan kandang dan peralatan dengan ukuran yang tepat. Supaya lebih paham, berikut cara merawat hamster yang mudah untuk pemula, agar tumbuh sehat dan aktif. Beserta tips sederhana yang mudah dihafal.

Pahami Ras dan Karakteristik Hamster

Rencanakan dari awal ingin memiliki satu atau dua hamster. Membeli satu atau dua tergantung pada preferensi Anda dan yang lebih penting, jenis hamster yang inginkan. Seperti contoh hamster Suriah tidak boleh ditempatkan berpasangan, karena mereka akan dengan keras memperebutkan wilayah begitu mereka mencapai usia dewasa.

Kandang

Beli kandang yang panjangnya setidaknya 40 cm kali tinggi 30 cm. Tapi pilihlah yang lebih besar jika bisa, agar hamster memiliki banyak ruang untuk berolahraga dan menjelajah.

Tempat Tidur

Jenis tempat tidur terbaik dan tersehat adalah yang tidak terbuat dari serutan kayu. Cobalah mencari alas tidur yang terbuat dari selulosa atau serat kertas nabati. Serta hindari bekas kotoran kucing, tongkol jagung, koran, dan alas tidur beraroma apa pun. Jangan sampai alasnya mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan.