Contoh Surat Izin Sakit Sekolah

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah–Contoh surat cuti sakit sekolah harus diketahui oleh orang tua atau wali siswa, serta siswa itu sendiri. Apakah para detektif mengetahui tentang cuti sakit dan apakah mereka sudah menyiapkan sampel?
Meski sekarang sudah era digital, saat cuti sakit bisa dilakukan melalui internet, misalnya melalui chat WhatsApp. Namun, korespondensi secara tradisional masih ditulis tangan dengan nama samaran.

Artikel ini memberikan berbagai contoh surat cuti sakit sekolah yang baik dan benar. Maka format surat cuti sakit sekolah ini bisa menjadi referensi anda jika ingin membuat surat cuti sakit.

Apa itu cuti sakit?

Cuti sakit adalah surat yang berisi keterangan tentang alasan cuti, karena seseorang sakit atau kurang sehat. Apakah cuti sakit merupakan surat resmi? Cuti sakit termasuk dalam jenis surat pribadi resmi.

Namun, surat cuti sakit ini tidak seformal surat resmi. Misalnya, surat cuti sakit sekolah adalah surat yang memberitahukan bahwa seorang siswa tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran karena sakit.

Surat cuti sakit sekolah biasanya ditujukan untuk guru ke rumah atau guru sekolah. Oleh karena itu, dalam menyiapkan surat cuti sakit sekolah, kita juga harus memperhatikan bahasa yang santun.

Formulir cuti sakit

Bagaimana cara menyiapkan surat cuti sakit? Memang, tidak ada format standar khusus untuk isi cuti sakit. Surat sakit bukan merupakan surat resmi atau surat dinas dengan nomor surat, stempel, dsb.

Namun karena surat sakit tersebut merupakan surat pribadi yang dikutip Dian Astuti dari formulir elektronik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, maka format surat cuti sakit biasanya sebagai berikut:

1. Tanggal
Bagian ini memuat tanggal surat itu ditulis. Tanggal biasanya ditulis di bagian atas surat. Contoh: Bandung, 31 Agustus 2022.

2. Tempat/Alamat
Tempat surat itu berada atau alamat tempat tinggal pengirim pada saat surat itu ditulis. Biasanya bagian ini terletak di pojok kanan atas. Contoh: Bandung, Jakarta, Subang dan lain-lain.

3. Salam
Salam cuti sakit dapat bervariasi. Teladan dibuka dengan hormat, Assalamualaikum wr. wb dan sebagainya.

4. Isi surat
Tubuh surat itu menjelaskan maksud penulis. Isi surat dapat disampaikan dengan bebas dan to the point. Padahal, tidak ada aturan umum untuk menulis konten dalam surat pribadi.

Namun, saat menulis cuti sakit, perhatian harus diberikan pada kesopanan linguistik. Dalam hal cuti sakit, isinya dapat menggambarkan kondisi pasien atau kebutuhan untuk perawatan atau tes.

5. Surat pengantar
Penutup surat ditandai dengan kalimat penutup surat. Sebagai contoh, hanya itu yang dapat kami sampaikan.

6. Salam penutup
Bahkan kata-kata terakhir dari surat pribadi berbeda. Contoh: Terima kasih atas perhatiannya, Wassalamualaikum wr. wb dan lain-lain.

7. Tukang pos
Pengirim surat adalah orang yang menulis surat sakit. Bagian ini merupakan bagian terakhir, biasanya diikuti dengan nama penulis dan tanda tangan.