Jelaskan Perkembangan Ekonomi Kreatif di Daerah Kalian

Perkembangan Ekonomi Kreatif–Perkembangan ekonomi kreatif sangat maju di daerah, salah satunya adalah komunitas kerajinan berupa dompet kain perca. Kain batik merupakan contoh keunggulan ekonomi daerah. Yang perlu dilakukan suatu negara untuk menciptakan keuntungan ekonomi adalah menggunakan sumber daya alam sebagai bahan baku produksi.

Manfaat seumur hidup dari pusat keunggulan ekonomi adalah mereka menghasilkan barang berkualitas tinggi dengan biaya produksi rendah.

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang meningkatkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan sumber daya manusia sebagai faktor utama produksi. Konsep ini biasanya didukung oleh adanya industri kreatif yang mewujudkannya. Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi mencapai level ekonomi kreatif, dan setelah beberapa lama dunia dihadapkan pada konsep ekonomi informasi, dimana informasi merupakan faktor utama perkembangan ekonomi.

Ciri-ciri ekonomi kreatif

Ekonomi kreatif dicirikan oleh beberapa hal:

  • Kolaborasi antara berbagai pelaku yang terlibat dalam industri kreatif, yaitu intelektual (intelektual), bisnis dan pemerintah, menjadi prasyarat utama.
  • Berdasarkan ide atau visi.
  • Pengembangannya tidak terbatas pada bidang usaha yang berbeda.
  • Konsep yang dibangun bersifat relatif.

Perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia
Dimulai pada tahun 2006 ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Proses pengembangan ini pertama kali diwujudkan dengan dibentuknya Indonesian Design Power oleh Kementerian Perdagangan untuk membantu pengembangan ekonomi kreatif Indonesia. Pada tahun 2007, Studi Pemetaan Kontribusi Industri Kreatif Indonesia 2007 diluncurkan di pameran dagang Indonesia.

Pada tahun 2008 diluncurkan Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025 dan Rencana Pengembangan Subsektor Industri Kreatif Indonesia 14. Sekaligus dicanangkan sebagai Tahun Indonesia Kreatif 2009.

Dalam rangka mewujudkan Indonesia Kreatif, pada tahun 2009 diadakan Pekan Produk Kreatif dan Pameran Ekonomi Kreatif.

Penjelasan:

Keunggulan ekonomi merupakan keunggulan yang dapat menjamin kesejahteraan masyarakat. Manfaat ekonomi ini akan sangat berguna ketika kita melakukan perdagangan internasional dimana kita dapat mengekspor produk yang kita miliki dengan harga yang kompetitif untuk memberikan manfaat ekonomi bagi individu, negara dan masyarakat sekitar.