Sebutkan Contoh Konduksi, Konveksi, Radiasi SMP Kelas 7

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : Contoh Konduksi, Konveksi, Radiasi.

Sebutkan Contoh Konduksi, Konveksi, Radiasi

Contoh konduksi, konveksi, dan radiasi dipelajari oleh siswa kelas 7 SMA setelah memahami bab kalor dan perpindahan kalor. Lihat penjelasan di bawah ini.

Panas adalah bentuk energi yang dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan tiga cara. Tiga mode perpindahan panas adalah konduksi, konveksi dan radiasi.

Contoh konduksi

Pengertian Konduksi

Dikutip dari buku Wahono dkk. Siap Menghadapi UN SD, konduksi berarti perpindahan kalor pada suatu benda yang tidak diikuti dengan pergerakan partikel benda yang dipanaskan.

 

Konduksi panas adalah:

 

  1. Ketika sebatang besi dipanaskan di atas nyala api

Jika Anda memanaskan salah satu ujung setrika, pegang ujung lainnya, dan semakin lama Anda memegangnya, semakin panas. Hal ini menunjukkan panas atau kalor berpindah dari ujung besi yang dipanaskan ke ujung besi yang ditahan.

 

  1. Lelehkan mentega dalam wajan yang sudah dipanaskan

 

  1. Tutup panci, ceret, panci, dan wajan panas saat memasak.

 

Baca Juga5 Contoh Perpindahan Panas Secara Konduksi

Definisi dan contoh konveksi

Konveksi adalah perpindahan panas pada suatu bahan atau benda, diikuti dengan perpindahan partikel-partikel bahan yang dipanaskan.

Contoh konveksi adalah:

 

  1. Rebus air dalam panci.

 

  1. Adanya angin darat dan angin laut.

 

Definisi dan contoh radiasi

Radiasi adalah perpindahan panas tanpa bahan perantara. Contoh radiasi termal adalah transfer panas dari sinar matahari ke Bumi.

Panas radiasi juga dapat dihasilkan dari pembakaran bola lampu dan api unggun.

Saat kita berada di sekitar api unggun yang menyala, tubuh kita memanas karena radiasi termal yang dipancarkan api unggun.

Contoh lain penggunaan radiasi termal adalah panas matahari yang digunakan untuk mengeringkan pakaian dan bahan bangunan seperti batu bata dan genteng yang masih basah.

Nah, itulah penjelasan tentang contoh konduksi, konveksi, dan radiasi termal yang bisa dipelajari. Selamat belajar, Sobat Liputan!

Kesimpulan sebutkan contoh konduksi konveksi dan radiasi

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Contoh Konduksi, Konveksi, Radiasi, Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!