Apa Saja Komponen Biotik Dalam Sebuah Ekosistem Sebutkan!

Apa Saja Komponen Biotik Dalam Sebuah Ekosistem — Ekosistem adalah kesatuan hubungan timbal balik antara organisme dan lingkungannya. Suatu ekosistem memiliki banyak komponen yang saling berhubungan. Komponen tersebut adalah biotik dan abiotik.

Apa Saja Komponen Biotik Dalam Sebuah Ekosistem

Berikut Komponen Biotik Dalam Sebuah Ekosistem

Apa Saja Komponen Biotik Dalam Sebuah Ekosistem
Apa Saja Komponen Biotik Dalam Sebuah Ekosistem

Komponen Biotik

Semua makhluk hidup yang ada dalam suatu ekosistem adalah tumbuhan, hewan, dan makhluk mikroskopis seperti bakteri. Komponen-komponen tersebut selanjutnya membentuk rantai makanan yang menjaga stabilitas ekosistem. Komponen biotik suatu ekosistem dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai.

Produsen

Sekelompok organisme yang mampu menyiapkan makanannya sendiri. Petani mampu mengubah senyawa anorganik menjadi senyawa organik.

Semua tanaman hijau produktif. Karena dapat menghasilkan makanannya sendiri (bahan organik) melalui proses fotosintesis dan menghasilkan makanan yang dibutuhkan makhluk hidup lainnya.

Konsumen

Sekelompok makhluk hidup yang tidak dapat makan sendiri. Untuk ini, konsumen mendapatkannya dari makhluk hidup lain.

Adapun kelompok konsumen, manusia dan hewan. Secara langsung atau tidak langsung, kelompok konsumen bergantung pada tanaman hijau (produsen) karena tidak dapat memproduksi makanannya sendiri. Oleh karena itu, konsumen disebut organisme heterotrof.

Kata heterotrof berasal dari dua suku kata, yaitu hetero yang berarti berbeda dan tropehin yang berarti makanan.

Destruktif

Makhluk hidup akhirnya mati. Pada tumbuhan, daun dan ranting kering jatuh ke sampah, seperti halnya hewan.

Namun, Bumi yang kita tinggali ini tidak penuh dengan sampah. Karena ada kelompok pembongkaran atau pembongkaran. Pengurai terdiri dari organisme yang berbeda seperti serigala, burung nasar, semut, jangkrik, dan kecoak.

Selain itu, jamur dan bakteri saprofit yang merusak dan mengurai sampah menjadi unsur-unsur yang dapat menyuburkan tanah juga merupakan pengurai.

Komponen Abiotik

Terdiri dari semua lingkungan abiotik di dalam ekosistem itu sendiri. Komponen Abiotik ini meliputi udara, air, tanah, suhu, kelembaban, tekanan atmosfer, mineral dan sinar matahari.

Udara

Semua makhluk hidup membutuhkannya. Udara mengandung berbagai unsur yang dibutuhkan makhluk hidup, antara lain oksigen, karbon dioksida, dan hidrogen.

Makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bernafas. Sementara itu, tanaman membutuhkan karbon dioksida dan hidrogen untuk fotosintesis.

Air 

Ini adalah elemen yang dibutuhkan semua makhluk hidup. Manusia membutuhkan air untuk bertahan hidup, begitu juga hewan.

Hewan juga membutuhkan air sebagai ruang hidup. Sementara itu, tanaman juga membutuhkan banyak air.

Tumbuhan layu dan mati meski kekurangan air. Tumbuhan juga membutuhkan air untuk fotosintesis.

Tanah

Ini adalah media untuk pertumbuhan tanaman. Tanah mengandung nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tanaman. Sementara itu, beberapa hewan darat dan manusia membutuhkan tanah sebagai tempat tinggal.

Suhu atau Temperatur

Suhu memainkan peran penting dalam kelangsungan hidup kehidupan di Bumi. Temperatur di berbagai tempat sangat bervariasi.

Organisme umumnya menyukai tempat yang suhunya antara 0º dan 40ºC. Fluktuasi suhu berhubungan dengan jumlah panas matahari yang masuk ke suatu tempat.

kelembaban

Kelembaban di dalam ruangan sangat dipengaruhi oleh suhu ruangan itu sendiri. Pada makhluk hidup, kelembapan memiliki efek menguapkan air dari tubuhnya.

Sinar matahari

Ini adalah sumber energi utama untuk semua makhluk hidup di Bumi. Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis.