Apa Arti Raimu

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : apa arti raimu.

Ketika berbincang-bincang dengan teman, terkadang mereka memakai bahasa daerah yang menimbulkan rasa penasaran saat pertama kali mendengarnya. Salah satunya adalah kata ‘Raimu’ yang merupakan kata dalam bahasa Jawa kasar atau ngoko. Nah berikut ini penjelasan tentang arti raimu beserta contohnya.

apa arti raimu
apa arti raimu

Arti katanya

Raimu berasal dari kata dasar Rai dalam bahasa Jawa. Arti Rai adalah muka dan wajah. Jadi Raimu dalam bahasa Jawa artinya Wajahmu atau Mukamu.

Kata raimu ini sifatnya kasar dan tidak boleh digunakan dalam percakapan yang membutuhkan unsur kesopanan seperti ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Dalam tradisi di Jawa, ketika berbicara dengan orang yang lebih tua diharapkan memakai bahasa Jawa Krama / Krama Inggil karena sifatnya sopan dan halus.

Jadi sebaiknya hindari kata raimu dalam percakapan Anda, sebab kata ini lebih terkesan kasar dan mungkin menyakiti hati lawan bicara walau seumuran dengan Anda.

Contoh penggunaannya

Bagus: Raimu kok ireng? (Wajahmu kok hitam?)

Malik: Iyo, soale lagi muleh soko pantai. (Iya, soalnya baru pulang dari pantai)

 

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : apa arti raimu , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!