hit counter

Besar Daya Yang Dilakukan Oleh Balok Dalam Waktu 10 Detik

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : besar daya yang dilakukan oleh balok dalam waktu 10 detik.

A. Besar usaha yang dikerjakan oleh balok adalah 240 Joule

B. Besar daya yg dilakukan oleh balok dalam waktu 10 detik adalah 24 Watt

Besar Daya
Besar Daya

Pengertian Daya menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah kemampuan melakukan sesuatu atau kemampuan bertindak. Dalam ilmu fisika, daya adalah energi yang digunakan tiap waktu. Dalam satuan SI, satuan daya adalah Joule/sekon atau Watt untuk menghormati penemu uap pada abad ke-18 yaitu James Watt.

Selain itu, satuan daya yang sering digunakan selain watt yakni Daya Kuda atau Horse Power (hp), yang dimana 1 hp = 746 Watt. Daya adalah besaran skalar (besaran yang mempunyai nilai tetapi tidak mempunyai arah). Rumus dan Satuan Daya Daya dapat disimbolkan dengan persamaan seperti berikut ini:

P = W ÷ t

Keterangan

P = daya (Watt)

W = usaha (Joule)

t = waktu (sekon)

 

Pembahasan

Diketahui:

massa benda = m = 6 kg

gaya dorong = F = 120 N

perpindahan = s = 2 m

selang waktu = t = 10 detik

Ditanyakan:

A. usaha = W = ?

B. daya = P = ?

Penyelesaian:

Soal A:

W= F x s

W= 120 x s

W= 240 joule

Soal B

P= W ÷ t

P= 240 ÷ 10

P= 24 watt

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : besar daya yang dilakukan oleh balok dalam waktu 10 detik , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!