hit counter

Fungsi Graduated Cylinder

Fungsi Graduated Cylinder–Gelas ukur, gelas ukur atau silinder pencampur, alat laboratorium untuk mengukur volume cairan. Gelas ukur umumnya lebih akurat dan presisi daripada labu dan gelas kimia laboratorium. Namun, mereka kurang akurat dibandingkan dengan gelas ukur seperti labu ukur atau pipet ukur. Untuk alasan ini, gelas ukur tidak boleh digunakan untuk melakukan analisis volumetrik. Gelas ukur terkadang digunakan untuk mengukur volume benda padat secara tidak langsung dengan mengukur perpindahan cairan.

Silinder dengan kelulusan terbesar sering dibuat dari polipropilen untuk ketahanan kimia yang unggul atau polimetilpentena untuk transparansi, menjadikannya lebih ringan. Dan lebih rapuh daripada kaca. Polypropylene (PP) dapat dengan mudah diautoklaf beberapa kali; Namun, autoklaf di atas sekitar 130°C (266°F) (bergantung pada bahan kimia: polipropilena kelas komersial biasa meleleh di atas 160°C (320°F)) dapat membengkokkan atau merusak silinder transfer polipropilena, yang memengaruhi akurasi.

Silinder ukur konvensional biasanya sempit dan tinggi (sehingga meningkatkan keakuratan pengukuran volume ini) dan memiliki dasar plastik atau kaca dan “cerat” agar aliran cairan mudah diukur. Versi diperpanjang lebar dan dalam. Silinder jenis lain memiliki sambungan kaca tanah alih-alih “mulut” sehingga dapat ditutup dengan steker atau dihubungkan langsung ke elemen lain dari distributor; dikenal sebagai silinder pencampur. [2] Dengan jenis silinder ini, cairan yang terukur tidak langsung dituangkan, tetapi sering dikeluarkan dengan bantuan kanula. Gelas ukur digunakan untuk membaca ketinggian cairan ini setinggi mata, di mana bagian tengah meniskus menunjukkan jalur pengukuran. Volume tipikal dari tabung pengukur adalah antara 5 ml dan 2000 ml.

Tabung pengukur dapat terbuat dari kaca (polypropylene) atau plastik, berbentuk tabung, dengan kaki/berdiri untuk berdiri tegak. Fungsinya untuk mengukur volume 10-2000 ml dan untuk mengukur volume semua benda, baik benda cair maupun benda padat yang volumenya berbeda.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang :Fungsi Graduated Cylinder, Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!