Sebuah Benda Bergerak Melingkar Dengan Jari-Jari 50 Cm

Sebuah Benda Bergerak Melingkar Dengan Jari-Jari 50 Cm–Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : Sebuah Benda Bergerak Melingkar Dengan jari jari 50 cm.

Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak dan terbagi kedalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis dan geometri

Dalam ilmu matematika, jari-jari dapat diartikan sebagai ruas garis yang menghubungkan titik pusat dengan sebuah titik pada lingkaran atau sebagai ukuran panjang.

Panjang jari-jari pada sebuah lingkaran selalu sama karena jarak antara titik pusat dengan semua titik pada lingkaran sama. Dalam rumus matematika, jari-jari kerap disimbolkan dengan huruf atau yang disebut radiusKarena panjangnya sama saja, jarak ini bisa terbentang ke bawah, ke atas, ke kanan, maupun ke kiri.

Sebuah Benda Bergerak
Sebuah Benda Bergerak

Diketahui:

R= 50 cm = 0,5m

w= 120 rpm

Ditanya:

T?

V?

Jawab:

mengubah w dari rpm ke rad/s

w= 120 rpm ÷ 2 π/60 = 4 π rad/s

a) mencari T

w= 2 π/T

4 phi= 2 π/T

T= 1/2 sekon

b) mencari V

V= w. R

= 4 π . 0,5 m

= 2 π m/s

Jadi waktu putaran dan kecepatan benda tersebut berturut-turut adalah T= 1/2 sekon dan 2 π m/s

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Sebuah Benda Bergerak Melingkar Dengan Jari-Jari 50 Cm , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!