Relasi dari A ke B menyatakan “Kurang Dari”

Relasi dari A ke B menyatakan “Kurang Dari”–Suatu hubungan adalah sesuatu yang mengungkapkan hubungan khusus atau hubungan antara dua keutuhan. Hubungan terkait erat dengan fungsi, di mana keduanya penting dalam cabang matematika yang berbeda.

Fungsi matematika berbeda dengan pemahaman dalam kehidupan sehari-hari. Dalam istilah biasa, fungsi juga dapat diartikan sebagai guna atau manfaat.

Seorang matematikawan Gottfried Wilhem Leibniz (1646-1716) membuktikan bahwa fungsi digunakan untuk menyatakan suatu hubungan. Untuk itu dapat dikatakan bahwa fungsi merupakan hal yang istimewa dalam hubungan antara dua himpunan, sebagaimana dikutip dari modul matematika derajat X terbitan Kemendikbud, Entis Sutisna, S.Pd.

Formulir kontak

Relasi antara himpunan A dan B, dinyatakan dalam R: A → B adalah aturan yang menghubungkan a ∈ A dengan b ∈ B.

1. Diagram panah
Diagram panah adalah diagram yang membentuk pola panah dari suatu hubungan yang menunjukkan hubungan antara anggota himpunan A dan anggota himpunan B.

2. Set pasangan yang dipesan
Seperti namanya, himpunan pasangan ini dapat diekspresikan dengan mencocokkan pasangan dari himpunan A ke himpunan B secara berurutan atau berurutan.

3. Diagram Kartesius
Diagram Cartesian adalah bentuk diagram sumbu X dan Y yang mewakili dua himpunan pasangan terurut yang menghubungkan himpunan A dan B, ditulis dalam bentuk titik.

Diskusi:
Hubungan antara himpunan A dan B cocok dengan anggota A dengan anggota B.

Koneksi dari A ke B dapat dinyatakan dalam tiga cara:
itu. diagram panah;
b. diagram kartesius;
c. himpunan pasangan terurut.

Mari kita lihat kasus ini.
Diketahui himpunan A = {3, 4}, B = {3, 4, 5} dan relasi dari A ke B adalah “kurang dari”. Nyatakan hubungan ini:
itu. diagram panah;
b. set pasangan yang dipesan;
c. diagram kartesius.

Membalas:
itu. lihat lampiran 1,

b. Himpunan pasangan terurut adalah {(3, 4), (3, 5), (4, 5)}.

c. lihat lampiran 2.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Relasi dari A ke B menyatakan “Kurang Dari”, Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!