Taraf Intensitas Satu Ekor Lebah Yang Berdengung Adalah 10 Db

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : taraf intensitas satu ekor lebah yang berdengung adalah 10 db.

Taraf intensitas (TI) bunyi adalah nilai logaritma perbandingan antara intensitas bunyi dengan intensitas ambang pendengaran dan dinyatakan dalam decibel (dB). Pada kehidupan sehari-hari, taraf intensitas bunyi ini menunjukkan tingkat kenyaringan/kebisingan yang dihasilkan oleh sumber bunyi.

Taraf intensitas bunyi adalah nilai logaritma yang membandingkan intensitas bunyi, dengan intensitas ambang pendengaran. Contoh taraf intensitas bunyi yaitu sirine mobil. Umumnya taraf intensitas bunyi dipakai untuk menunjukkan tingkat kebisingan yang dihasilkan sumber bunyi. Rumus taraf intensitas bunyi dinyatakan dalam desibel (dB). Desibel adalah satuan untuk mengukur intensitas suara ke telinga. Desibel menjadi unit pilihan dalam literatur ilmiah. Bunyi ke telinga dapat merasakan suara yang lebih akurat.

 

Taraf Intensitas
Taraf Intensitas

diketahui:

TI satu ekor lebah (TI₀) = 10 dB

I₀ = 10⁻¹² Wm⁻²

n = 1.000 lebah

 

ditanya:

intensitas bunyi 1.000 lebah (I)….?

 

jawab:

– menentukan TI 1.000 lebah

 TI = TI₀ + 10 log n

TI = 10 dB + (10 x log 1.000)

= 10 dB + (10 x 3)

= 10 dB + 30 dB

TI = 40 dB

 

– menentukan intensitas bunyi

 TI = 10 log (I / I₀)

40 dB = 10 log (I / 10⁻¹² Wm⁻²)

—————————————– bagi 10

4 = log (I / 10⁻¹² Wm⁻²)

log 10⁴ = log (I / 10⁻¹² Wm⁻²)

 10⁴ = I / 10⁻¹² Wm⁻²

I = 10⁴⁻¹² Wm⁻²

I = 10⁻⁸ Wm⁻²

Jadi, besar intensitas bunyi dengung 1.000 lebah adalah 10⁻⁸ Wm⁻².

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : taraf intensitas satu ekor lebah yang berdengung adalah 10 db , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!