Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Selama Orde Baru Relatif Terjaga Karena

Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Selama Orde Baru Relatif Terjaga Karena–Keamanan dan ketertiban masyarakat relatif terjaga dan terjaga dengan baik pada masa Orde Baru, hal ini dikarenakan POLRI merupakan angkatan ke-4 ABRI saat itu. Hal tersebut tertuang dalam TAP MPRS XXIV/MPRS/1966, ketetapan ini menegaskan bahwa Kepolisian Negara harus mengemban. Dan berperan dalam pemantapan ketertiban umum dan keamanan masyarakat pada zaman Orde Baru, dan seterusnya pada abad pertengahan pertama. Kondisi ekonomi, sosial dan politik pada umumnya aman, sehingga tidak cukup berpengaruh terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat.

Komando Operasi Keamanan dan Pemulihan, atau biasa disingkat Kopkamtib, adalah badan keamanan dalam negeri pemerintah Indonesia pada masa Orde Baru. Kopkamtib didirikan oleh Soeharto pada 10 Oktober 1965. Lembaga ini berada langsung di bawah komando Soeharto yang kemudian menjadi presiden Indonesia. Kopkamtib membawahi beberapa lembaga militer dan non militer dalam menjalankan tugas dan programnya.

Awalnya didirikan untuk memulihkan keamanan dan ketertiban setelah peristiwa Gerakan 30 September (G30S) dan untuk mengatasi ideologi komunis selama darurat militer setelah insiden tersebut. Peran Kopkamtib diperluas untuk memastikan otoritas pemerintah dan badan-badannya. dari tingkat pusat sampai ke tingkat paling bawah “menjamin pelestarian Pancasila dan UUD 1945”. Kopkamtib berwenang melarang demonstrasi, menangkap tokoh politik yang “bermasalah”. Melarang diskusi publik tentang topik sensitif, dan menyensor media massa. Media dan pengamat menyebut Kopkamtib sebagai “lembaga super” dan “jantung kekuasaan Orde Baru”. Mengacu pada otoritasnya yang sangat besar.

Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Selama Orde Baru Relatif Terjaga Karena
Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Selama Orde Baru Relatif Terjaga Karena

Diskusi

Orde Baru menandai masa pemerintahan Presiden Soeharto yang menjabat sebagai presiden pada tahun 1966 hingga 1998. Pemerintah Orde Baru mencapai swasembada pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat Indonesia dan capaian lainnya yaitu terjaminnya keamanan dan keselamatan. ketertiban umum (KAMTIBMAS) agar setiap orang merasa aman dan terpenuhi kebutuhan pangannya.

 

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Selama Orde Baru Relatif Terjaga Karena . Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!