Coba Jelaskan Posisi Kepulauan Maluku Dalam Perdagangan

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : coba jelaskan posisi kepulauan maluku dalam perdagangan.

Coba Jelaskan Posisi Kepulauan Maluku Dalam Perdagangan

Posisi Kepulauan Maluku Dalam Perdagangan
Posisi Kepulauan Maluku Dalam Perdagangan

Posisi Maluku sangat penting dan strategis dalam konteks perdagangan internasional pada abad ke-15 sampai 17 M, sebagai penghasil rempah-rempah yang hanya tumbuh di Maluku, sehingga berharga sangat mahal dan banyak dicari.

Pembahasan:

Rempah-rempah berupa pala, fuli dan cengkeh dahulu tidak ditanam di tempat selain Maluku. Karena itu posisi kepulauan Maluku sangat penting dalam perdagangan internasional.

Pala 

Yang memiliki nama latin Myristica fragrants, adalah buah berwarna kuning yang berukuran seperti jeruk. Rempah ini hanya tumbuh di pulau Banda di kepulauan Maluku.

Biji dari buah ini dikeringkan menjadi rempah-rempah yang bernama pala (nutmeg dalam bahasa Inggris), sementara serabut kemerahan yang berada di dalam buah ini diolah menjadi rempah-rempah yang bernama fuli (mace dalam bahasa Inggris).

Cengkeh

(clove dalam bahasa Inggris) adalah rempah yang diolah dari bunga spesies Syzygium aromaticum. Kuncup bunga cengkeh memiliki aroma yang khas dan enak dicium yang digunakan sebagai penambah rasa dan aromatik.

Pada masa lalu hanya beberapa pulau di Maluku seperti Bacan, Tidore, Ternate, Makian dan Banda yang memiliki tanaman cengkeh.

Penjelajahan bangsa Eropa ke Indonesia adalah untuk mencari rempah-rempah yang tumbuh di Maluku ini. Jalur perdagangan rempah-rempah ke Eropa terputus setelah kota Konstantinople jatuh ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453. Dalam penjelajahan ini akhirnya bangsa barat secara tidak sengaja menemukan benua Amerika pada tahun 1492.

Bangsa Eropa mulai ikut campur dalam perdagangan rempah-rempah setelah penaklukan kota Malaka oleh Portugis yang dipimpin oleh Afonso de Albuquerque pada tahun 1511.

Kesimpulan 

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : posisi kepulauan maluku dalam perdagangan , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!