Sudip Menggunakan Bahan yang Bersifat lsolator Pada Bagian

Sudip Menggunakan Bahan yang Bersifat lsolator Pada Bagian– Jika dibagi menurut sifat benda sehubungan dengan panas yang diterima. Ada benda yang dapat menghantarkan panas dan ada benda yang tidak. Kedua sifat material ini disebut konduktor dan isolator.
Dalam kehidupan sehari-hari, secara alami kita dapat melihat benda-benda yang menghantarkan panas dengan baik. Juga, ada barang yang tidak menghantarkan panas atau dapat digunakan untuk memblokir panas. Konduktor dan isolator tentunya memiliki sifat yang bertolak belakang.

Namun, kedua sifat materi ini terkait. Kita dapat mengambil besi sebagai contoh. Setrika sendiri merupakan benda yang biasanya digunakan untuk menyetrika pakaian dengan panas. Alas dengan besi adalah logam sebagai penghantar panas. Sedangkan gagang besinya terbuat dari plastik atau kayu agar lebih mudah digenggam.

Sudip Menggunakan Bahan yang Bersifat lsolator Pada Bagian
Sudip Menggunakan Bahan yang Bersifat lsolator Pada Bagian

Sifat isolasi

Setelah membahas hubungan dan perbedaan antara isolator dan konduktor dan semikonduktor. Berikut beberapa sifat isolator yang perlu diperhatikan, antara lain:
1. Tahanan listrik/panas yang tinggi
Bahan isolasi dikenal untuk mencegah aliran listrik atau panas dari konduktor. Hasilnya, bahan isolasi menunjukkan ketahanan yang baik terhadap listrik atau panas tinggi.

2. Kekuatan dielektrik yang baik
Insulator harus memiliki kekuatan dielektrik yang sangat baik. Dielektrik sendiri dapat dipahami sebagai gaya atau tegangan maksimum yang dapat ditahan oleh suatu bahan tanpa merusak sifat isolasi bahan tersebut.

3. Kapasitas listrik yang tinggi
Properti terakhir dari isolator adalah kapasitas listriknya yang tinggi. Ini berarti bahan isolasi mampu menghasilkan kapasitas listrik yang tinggi. Secara alami nilainya tergantung pada jarak antara 2 konduktor yang diblokir oleh bahan isolasi, luas permukaan konduktor dan permeabilitas yang digunakan dalam bahan isolasi.

Cara kerja isolator

Dalam bidang kelistrikan, isolator adalah bahan yang tidak menghantarkan panas atau listrik. Sedangkan bahan yang menghantarkan panas atau listrik adalah konduktor. Muatan listrik tidak dapat mengalir dengan baik dan cepat dalam bahan isolasi.

Bahan atau materi yang menghantarkan listrik ditentukan oleh seberapa mudah elektron bergerak. Isolator adalah zat yang mengalami kesulitan dalam mentransfer elektron bebas dari satu atom ke atom lain dan dari satu molekul ke molekul lainnya. Juga, dalam bahan dengan resistivitas tinggi, elektron sulit lepas dari ikatan di dalam inti. Singkat kata, isolator akan sangat sulit menghantarkan listrik.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Sudip Menggunakan Bahan yang Bersifat lsolator Pada Bagian. Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku