Tuliskan 10 Nama Makhluk Hidup

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : Tuliskan 10 Nama Makhluk Hidup.

Ciri utama makhluk hidup adalah kemampuan bernafas. Dan Juga, makhluk hidup dapat bergerak. Makhluk hidup sebagai komponen ekosistem tersebut juga biotik.

Tuliskan 10 Nama Makhluk Hidup

Tuliskan 10 Nama Makhluk Hidup
Tuliskan 10 Nama Makhluk Hidup

Diskusi

Berikut 10 contoh makhluk hidup:

1. Bakteri

2. Amuba

3. Jamur

4. Lumut

5. Kuku

6. Kelapa

7. Cacing

8. Siput

9. Kelelawar

10. Paus

Makhluk hidup memiliki sifat-sifat yang memperlukan untuk proses kehidupan. Ciri-ciri makhluk hidup adalah:

1. Bernapaslah

Bernafas adalah ciri utama makhluk hidup. Tujuan utama pernapasan adalah produksi energi. Komponen utama respirasi adalah makanan dan oksigen. Alat pernapasan pada makhluk hidup antara lain insang, paru-paru, dan kulit.

2. Adaptasi

Adaptasi adalah adaptasi organisme terhadap lingkungannya. Dengan beradaptasi, makhluk hidup dapat menjalani kehidupannya, sehingga tidak punah. Contohnya adalah daun kaktus yang berbentuk duri.

3. Gerakan

Gerak merupakan ciri makhluk hidup yang membedakannya dengan benda mati. Dengan berpindah-pindah, makhluk hidup dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti mencari makan. Organ makhluk hidup meliputi sirip, kaki, sayap, dan perut.

4. Memerlukan makanan

Makhluk hidup membutuhkan makanan untuk menghasilkan energi selama respirasi. Makanan juga mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan karena mengandung nutrisi.

5. Tumbuh dan berkembang

Makhluk hidup mengalami perubahan ukuran (pertumbuhan) dan proses pematangan (perkembangan) selama hidupnya.

6. Perkalian

Pembiakan atau reproduksi terdiri dari peningkatan jumlah keturunan agar tidak mengalami kepunahan.

7. Kepekaan terhadap rangsangan (iritabilitas)

Rangsangan makhluk hidup berfungsi untuk melindungi tubuh dari pemangsa atau sesuatu yang mengganggunya. Contoh lekas marah adalah daun putri yang bengkok saat menyentuh.

8. Tingkatkan metabolisme Anda

Metabolisme adalah proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh organisme hidup.

9. Penghapusan bahan sisa

Residu atau likuidasi adalah untuk membuang zat-zat yang tidak butuh tubuh karena bersifat racun atau berlebihan.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Tuliskan 10 Nama Nama Makhluk Hidup, Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Nama Makhluk Hidup , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!