Sebutkan Negara Pendiri ASEAN

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : Sebutkan Negara Pendiri ASEAN.

Sebutkan Negara Pendiri ASEANASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967. ASEAN mendirikan oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (Perbara) didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok. ASEAN adalah organisasi geopolitik dan ekonomi negara-negara Asia Tenggara. Sejarah ASEAN memulai dengan pertemuan lima menteri luar negeri di Bangkok yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 8 Agustus 1967. Lima menteri luar negeri yang juga terkenal sebagai anggota pendiri ASEAN adalah Adam Malik dari Indonesia, Narciso R. Ramos dari Filipina, Tun Abdul Razak dari Malaysia, S. Rajaratnam dari Singapura dan Thanat Khoman dari Thailand.

Setelah pertemuan tersebut, mencapai kesepakatan tentang pembentukan organisasi regional yang sebut ASEAN. ASEAN didirikan atas dasar Deklarasi Bangkok yang tandatangani oleh kelima pendirinya. Landasan dan tujuan ASEAN juga telah terangkum dalam Deklarasi Bangkok. Pada awal pembentukannya, ASEAN hanya beranggotakan lima negara anggota, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Perkembangannya kemudian ikuti oleh Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja, menjadikan 10 negara anggota ASEAN.

Sebutkan Negara Pendiri ASEAN
Sebutkan Negara Pendiri ASEAN

Diskusi

ASEAN, umumnya kenal sebagai Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (PBB), adalah organisasi regional yang merangkul kerja sama negara-negara Asia Tenggara. Berdirinya ASEAN merupakan keinginan kuat para pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan yang aman, tenang, damai, sejahtera, dan stabil di kawasan Asia Tenggara. ASEAN prakarsai oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura.

Berikut adalah penjelasan dari lima negara yang memprakarsai berdirinya ASEAN:

  1. Indonesia memiliki peran penting, salah satunya dengan inisiasi Konkordat Bali II pada akhir tahun 2003 di Bali. Isinya meliputi tiga pilar: ASEAN Security Community (ASEAN), ASEAN Economic Community (AEC) dan ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC).
  2. Malaysia berperan dalam penandatanganan Deklarasi Kuala Lumpur yang melaksanakan pada November 1971, ikut serta dalam proses pendirian kerajaan demokratis di kawasan Kamboja, ikut serta dalam AFTA sebagai upaya mencapai kerjasama di bidang ekonomi dan bidang lainnya.
  3. Filipina memiliki peran dalam menyelesaikan Metro dan kasus lainnya.
  4. Thailand berperan dalam menjalin kerjasama dengan daerah-daerah di berbagai penjuru dunia dan merupakan produk ekspor yang penting. Hal ini menempatkan kondisi perekonomiannya dalam kategori maju.
  5. Singapura berperan dalam membuat kawasan Asia Tenggara lebih membantu jika timbul masalah. Negara-negara yang memprakarsai pembentukan ASEAN dan anggota lainnya telah bekerja sama dengan baik.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Sebutkan Negara Pendiri ASEAN , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!