MotoGP Qatar : Vinales juara seri pembuka MotoGP 2021
MotoGP Qatar : Vinales juara seri pembuka MotoGP 2021

MotoGP Qatar : Vinales juara seri pembuka MotoGP 2021

Liputanberitaku.com —Maverick Vinales jadi yang paling cepat pada balapan pembuka MotoGP 2021 yang diadakan di circuit Losail pagi hari WIB pada Senin, 29 Maret 2021. Di MotoGP Qatar, rider Yamaha itu melampaui Johann Zarco dan Francesco Bagnaia.

Empat pembalap Ducati sempat melejit setelah start, dipegang Francesco Bagnaia dan diikuti Jack Miller, Johann Zarco, dan Jorge Martin.

Vinales, yang finish di posisi ke enam pada lap pertama, perlahan-lahan membenahi tempatnya sampai pimpin pada lap ke-15. Status ini masih tetap bertahan sampai akhir laga. Pertempuran seru terjadi untuk status 2-3. Zarco sempat tempati posisi ke-2 , lalu disalip juara dunia Joan Mir.

 

Vinales yang memulai balapan sejauh 22 perputaran itu dari P3 jadi yang pertama melewati garis finish dengan 1,092 detik di muka Johann Zarco dari team Pramac Racing.

Francesco Bagnaia yang naik status jadi pembalap pabrikasi Ducati harus senang finish P3 walau memulai balapan dari pole position sesudah pecahkan rekor lap di Losail, begitu situs sah MotoGP.

Ducati sudah memenangi dua Grand Prix Qatar awalnya karena performa Andrea Dovizioso, namun Vinales mengulang kemasyhurannya pada 2017 di Qatar untuk akhiri rangkaian supremasi mesin Desmosedici itu walau jalani start yang lamban.

Bagnaia pimpin serangan empat Ducati setelah start, saat rekanan satu teamnya Jack Miller, dan duet team Pramac Racing, Johann Zarco dan rookie Jorge Martin menyerobot di depan mendahului trio Yamaha; Vinales, Fabio Quartararo dan Valentino Rossi.

Sesudah Miller dan Martin merosot tempatnya, Zarco jadi korban Vinales yang secara mudah melalui pembalap Prancis, yang pecahkan rekor kecepatan paling tinggi dalam riwayat MotoGP saat sesion free practice di Qatar akhir minggu ini.

Baca Juga  Sinopsis Attack on Titan Final Season Part 2, Ini Jadwal Streamingnya

ada di belakang motor Bagnaia yang memipin lomba semenjak lap pembuka sampai mendahului si pembalap Italia untuk menggantikan pimpinan lomba. Bagnaia kembali kehilangan tempatnya sesudah Zarco lakukan gempuran untuk mengeklaim P2, tetapi Vinales telah lumayan jauh tinggalkan kelompok.

 

Tetapi Mir pada akhirannya justru tidak berhasil naik tribune. Setelah kelokan paling akhir, dia melebar sementara Zarco dan dan Bagnaia yang bersisihan melejit untuk merampas status 2-3. Maverick Vinales juga tampil jadi juara di MotoGP Qatar, diikuti Johann Zarco dan Francesco Bagnaia.

Dan juara dunia 9x Valentino Rossi tidak berhasil manfaatkan status start yang lumayan baik dari baris ke-2 dan merosot ke P12. Tandemnya dalam team Petronas Yamaha, Franco Morbidelli, menelan pil pahit dengan finish P18 sesudah mengeklaim P7 pada kwalifikasi.

Miguel Oliveira melampaui rekanan satu teamnya di KTM, Brad Binder di P13, dan rookie Jorge Martin menghilang di P15 sesudah sempat menyerobot ke baris depan setelah start.Danilo Petrucci jatuh pada lap pembuka, dan duet LCR Honda Takaaki Nakagami dan Alex Marquez mencium gravel lap-lap berlalu.

Qatar tahun kemarin tidak berhasil melangsungkan Grand Prix pembuka musim kelas MotoGP sesudah wabah COVID-19 menyebar. Dan tahun ini Circuit Losail kebagian porsi melangsungkan dua balapan berturut-turut dalam kalender dengan Grand Prix Doha sebagai seri ke-2 minggu kedepan.