Cara Mengatasi SSD Tidak Terbaca dan Tidak Terdeteksi

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : SSD Tidak Terbaca

SSD Tidak Terbaca–Ada berbagai cara bagi pengguna untuk mengatasi SSD yang tidak terbaca di BIOS laptop. Anda bisa menyimak artikel ini menjelaskan sampai laku untuk mengetahui caranya.

Berdasarkan buku Pengantar Teknologi Informasi karya Heni Puspita, SSD atau Solid State Drive adalah media penyimpanan yang menggunakan memori non-volatile untuk mengakses dan menyimpan data penting di komputer atau laptop.

Tidak seperti jenis penyimpanan hard drive, SSD bekerja lebih baik daripada hard drive. Namun terkadang masalah yang sering terjadi adalah SSD tidak terbaca oleh BIOS. Akibatnya, SSD tidak muncul di File Manager atau Disk Management.

Berdasarkan buku Sistem Komputer Dasar karya I Gede Partha Sindu, BIOS atau Basic Input Output System adalah komponen komputer yang mengendalikan berbagai perangkat keras komputer berupa perangkat lunak.

Fungsi utama BIOS adalah untuk mengontrol perangkat keras komputer dengan mengeluarkan perintah untuk mengidentifikasi perangkat sistem, yang disebut POST atau Power on Self-Test. Perangkat yang memperintahkan termasuk RAM, CPU, HDD atau SDD dan DVD, kartu VGA, keyboard, dan mouse saat boot.

Jika SSD tidak terbaca oleh BIOS maka jelas akan ada masalah karena tidak bisa menggunakan. Demikian Cara Tekno merangkum cara mengatasi SSD yang tidak terbaca di BIOS, yang bisa melakukan di rumah.

Cara mengatasi SSD tidak terbaca di BIOS

Disebutkan oleh Driver Easy, SSD tidak terdeteksi di BIOS dapat disebabkan oleh kabel data yang rusak atau putus, driver perangkat yang sudah usang, driver yang tidak aktifkan di BIOS, atau driver SSD yang rusak sehingga tidak dapat terdeteksi oleh komputer.
Dirangkum oleh Remosoftware, berikut adalah tutorial atau metode untuk mengatasi drive SSD yang tidak dapat terbaca di BIOS untuk melakukan pengguna:

Aktifkan driver di BIOS
Salah satu kemungkinannya adalah SSD tidak terbaca oleh BIOS karena driver tidak terkonfigurasi. Oleh karena itu, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Restart komputer Anda dan tekan F2 di komputer Anda.
  2. Komputer kemudian akan menampilkan BIOS.
  3. Periksa dokumentasi sistem Anda untuk memverifikasi bahwa hard drive Anda nonaktifkan.
  4. Jika statusnya nonaktifkan, Anda harus mengaktifkan driver di System Preferences. Setelah mengaktifkannya, restart komputer Anda dan masuk ke BIOS lagi apakah driver terdeteksi atau tidak.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : SSD Tidak Terbaca , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!