Mengatasi Pengunduhan Gagal di WA

Pengunduhan gagal di wa –Pengunduhan gagal di Whatsapp bisa terjadi karena beberapa hal. Terkadang download di WA tidak lancar atau gagal tapi jangan khawatir karena ada cara untuk mengatasinya. Ada file media di whatsapp yang selalu gagal didownload dan lain sebagainya.

Notifikasi “Unduhan Gagal” atau “Download Failed” biasanya muncul saat mengunduh file media. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara mengatasi unduhan yang gagal.

Mengatasi Pengunduhan Gagal di WA
Mengatasi Pengunduhan Gagal di WA

Solusi Atasi Pengunduhan Gagal di WA

Masalah umum yang sering terjadi adalah gagal saat mengunduh file Wa. Berikut beberapa solusi yang bisa kamu terapkan agar file media di Whatsapp bisa terdownload dengan baik.

Cek Memori

Memori penyimpanan yang penuh juga menjadi penyebab kegagal pengunduhan. Jika memori penuh sebaiknya hapus beberapa data dulu.

Mulailah dengan menghapus cache aplikasi, file tidak penting, dan file sampah yang memenuhi penyimpanan kamu. Kamu juga harus memeriksa kartu memori eksternal.

Jika mengalami corrupt atau error apa pun maka itulah yang menjadi masalah dalam unduhan whatsapp. Solusinya adalah memformat kartu memori atau membeli kartu SD baru.

Mengecek Koneksi Internet

Cara lain yang harus kamu lakukan adalah dengan memeriksa kecepatan koneksi internet. Jika koneksi internet tidak normal atau sangat lambat, pengunduhan akan gagal.

Untuk menghindari kesalahan download di WA, untuk sementara kamu bisa menggunakan jaringan Wi-Fi. Selain itu, beralihlah ke kartu operator lain yang memiliki kualitas koneksi internet lebih baik.

Cek Tanggal Atau Waktu

Jika ada perbedaan waktu juga bisa menyebabkan gagal download. Solusi terbaik adalah sesuaikan waktu yang tepat agar normal seperti sebelumnya.

Cek File di Galeri Atau Ruang Penyimpanan

Biasanya, file yang diunduh sebelumnya disimpan di galeri atau memori smartphone. Gunakan cara ini untuk mengatasi file media yang tidak ditemukan di WA. Tapi whatsapp membacanya sudah kadaluwarsa, sehingga tidak dapat dibuka lewat aplikasi langsung.

Meminta File DIkirim Ulang Kembali

Jika pengirim file media adalah temanmu, sementara file itu penting. Kamu dapat memintanya untuk mengirim ulang. Karena cara ini jelas efektif saat download file WA gagal.

Update dan Restart Smartphone

Mungkin ada pembaruan dari WhatsApp tetapi kamu belum memperbaruinya. Kamu dapat memeriksa melalui Google Playstore dan kemudian memeriksa apakah aplikasi WhatsApp sudah diperbarui.

Jika sudah terupdate, coba restart smartphone kamu. Karena cara ini juga berhasil mengatasi masalah gagal download. Whatsapp mungkin mengalami kesalahan, dengan cara memulai ulang akan membuatnya kembali normal.

Kesimpulan

Pengunduhan gagal di wa memang masalah yang umum dan masalah tersebut harus segera diperbaiki. Hal ini agar tidak mengganggu komunikasi dengan orang lain yang menggunakan WhatsApp secara efektif.