Kucing Munchkin, Kucing Berkaki Pendek Yang Gemesin

Liputanberitaku.com — Kucing Munchkin, Kucing Berkaki Pendek Yang Gemesin- Kucing munchkin adalah ras kucing berkaki pendek yang tercipta karena perubahan genetik alami. Ras ini baru memulai diperkembangbiakkan sekitaran tahun 1980-an di Amerika Serikat, negara aslinya.

Karena kakinya yang pendek, munchkin menjadi satu diantara ras kucing paling kecil di dunia. Munchkin ada yang dengan bulu panjang dan pendek. Karena kekhasan ras kucing ini, munchkin kerap dipersilangkan denga ras lain.

Kucing Berkaki Pendek

Munchkin ialah leluhur dari beberapa ras kucing berkaki pendek baru, yakni leluhur ras skookum (persilangan dengan ras laperm), ras minskin dan bambino (persilangan dengan ras sfinks), ras lambkin (persilangan dengan ras rex selkirk), ras genetta (persilangan dengan ras bengal), dan ras napoleon (persilangan dengan ras persia, himalaya, dan eksotik).

Kucing Munchkin ialah ras kucing yang paling sukai bermain dan gampang menyesuaikan. Munchkin benar-benar sering kali duduk pada sikap seperti kelinci sedang duduk.

Kucing Munchkin, Kucing Berkaki Pendek Yang Gemesin

Munchkin jantan beratnya bisa capai sekitaran 3-4 kg dan semakin besar dari betinanya. Kaki sisi belakang akan kelihatan lebih panjang dibanding kaki sisi depan, hingga munchkin bisa seperti terlihat membungkuk.

Tetapi, bila terlampau membungkuk, munchkin bisa didiskualifikasi dalam sebuah kontes kucing. Sebelumnya, banyak yang menduga jika munchkin akan mempunyai permasalahan pada tulang belakang, sama seperti yang kerap ada pada anjing berkaki pendek.

Tetapi, rupanya hal tersebut tidak bisa dibuktikan pada munchkin. Karena di tahun 1995, beberapa peternak kucing munchkin lakukan röntgen dan tidak mendapati permasalahan pada persendian dan tulang pada ras ini.

Tapi, munchkin dapat terserang lordosis, yakni tulang belakang yang meliuk terlalu berlebih, dan pektus ekskavatum, yakni dada yang berlubang.