hit counter

Gajah Mina : Makhluk Mitologi Laut Indonesia

Liputanberitaku.com —  Gajah Mina : Makhluk Mitologi Laut Indonesia- Gajah Mina adalah makhluk laut yang banyak ditemukan di kepulauan Indonesia. Tubuh Gajah Mina merupakan perpaduan antara gajah dan ikan.

Makhluk ini dikenal luas oleh pelaut Melayu dan orang Indonesia. Namanya berarti “ikan gajah”, dan jangan disamakan dengan Gajah Laut, yang berarti “anjing laut”.

Dalam budaya Hindu Bali, Gajah Mina merupakan salah satu dari 7 hewan mitologi (Makara). Bentuk ikan berkepala gajah sering dilukis atau diukir menjadi candi (candi) sebagai ornamen.

Karena banyaknya candi purbakala yang memiliki ornamen Gajah Mina di dalamnya, tampaknya Gajah Mina sudah dikenal sejak jaman dahulu.

Para tetua mengatakan bahwa makhluk itu berukuran sebesar ikan paus, memiliki belalai seperti gajah, bulu di tubuhnya, sepasang gading, dan telinga yang lebar.

Jika seekor Gajah Mina ditemukan mati di pantai, biasanya penduduk desa datang untuk mengambil bagian tubuhnya, seperti bongkahan bulu, gading, atau tulangnya. Gajah Mina dipercaya hidup di perairan dalam, sehingga penampakannya terbilang langka.

Originally posted 2021-03-30 17:51:38.