Kecelakaan Bus Jemaah Umrah di Arab Saudi, 20 Orang Tewas

 

Pada hari Senin (27/3/2023), terjadi kecelakaan bus yang mengangkut jemaah umrah di Mekkah, Arab Saudi. Bus tersebut mengalami kecelakaan dan terbakar, yang mengakibatkan 20 orang meninggal dunia dan beberapa penumpang lainnya mengalami luka-luka. Teuku Faizasyah, juru bicara Kementerian Luar Negeri, telah mengonfirmasi kejadian tersebut dan menyatakan bahwa KJRI Jeddah sedang memeriksa apakah ada jemaah Warga Negara Indonesia (WNI) dalam rombongan tersebut.

Menurut sumber dari media resmi Arab Saudi Al Ekhbariya, kecelakaan tersebut disebabkan oleh kerusakan pada rem bus. Sementara korban kecelakaan memiliki kewarganegaraan yang berbeda-beda, belum ada rincian kebangsaan yang diumumkan. Insiden kecelakaan bus tersebut telah tersebar di media sosial Twitter oleh beberapa akun, termasuk akun Twitter @ArthurM40330824.

Dikutip dari 24NewsHD, kecelakaan tersebut terjadi saat bus melintas di jalan yang menghubungkan Provinsi Asir dengan Kota Abha. Bus tersebut sedang dalam perjalanan ke Mekkah untuk membawa rombongan jemaah umrah. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 16.00 waktu setempat di jalan Aqabat Shaar yang memiliki panjang 14 km. Jalan ini melewati pegunungan, dengan 11 terowongan dan 32 jembatan. Ketika bus sedang menuruni jembatan, bus mengalami kerusakan pada rem dan menabrak penghalang di ujung jembatan, terbalik, dan akhirnya terbakar.

 

Sumber : Kompas