Merambah Dunia Otomotif, Xiaomi Buat Kendaraan Listrik (EV)
Merambah Dunia Otomotif, Xiaomi Buat Kendaraan Listrik (EV)

Merambah Dunia Otomotif, Xiaomi Buat Kendaraan Listrik (EV)

Liputanberitaku.com — Raksasa teknologi China, Xiaomi tak hanya bergerak di bidang pembuat smartphone. Xiaomi juga berencana merambah dunia otomotif.

Dikutip dari Reuters, Jumat, 26 Maret 2021, Xiaomi berencana membuat kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) menggunakan pabrik Great Wall Motor Co Ltd. Hal itu disampaikan tiga orang yang mengetahui masalah tersebut.

Xiaomi mengumumkan akan menginvestasikan 10 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp144 triliun selama dekade berikutnya ke anak perusahaannya yang berfokus pada bisnis kendaraan listrik pintar.

Perusahaan mengatakan dalam pengajuan pasar saham bahwa unit baru akan dipimpin oleh CEO miliarder Lei Jun.

“Investasi awal akan bernilai 10 miliar yuan (1,5 miliar dolar AS),” kata perusahaan, mengutip CNN.

 

Setelah adanya laporan itu, harga saham Xiaomi langsung melonjak sebanyak 6,71 persen pada perdagangan Jumat pagi. Sementara, saham Great Wall Hong Kong naik lebih dari 8 persen dan saham Shanghai-nya naik lebih dari 7 persen.

Xiaomi sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, sedang dalam pembicaraan untuk menggunakan salah satu pabrik Great Wall di China untuk membuat EV dengan mereknya sendiri, kata dua orang sumber.

Great Wall akan memberikan konsultasi teknik untuk mempercepat proyek tersebut, kata salah satu orang sumber.

Mereka menyebutkan kedua perusahaan berencana mengumumkan kemitraan secepatnya minggu depan.

Hingga saat ini, Xiaomi dan Great Wall menolak berkomentar terkait laporan itu. Rencana tersebut muncul ketika Xiaomi berusaha untuk mendiversifikasi aliran pendapatannya dari bisnis smartphone yang menyumbang sebagian besar pendapatannya tetapi memiliki margin keuntungan yang sangat tipis.

Laporan itu menandai kenaikan biaya dari kekurangan chip global dan melaporkan pendapatan kuartalan di bawah perkiraan pasar. Langkah ini juga dilakukan dengan latar belakang para pembuat mobil dan perusahaan teknologi bekerja sama lebih dekat untuk mengembangkan kendaraan yang lebih cerdas dengan teknologi seperti kabin pintar dan pengemudi otonom.

Baca Juga  Tips Memanaskan Mesin Mobil yang Benar

Sumber mengatakan pendiri dan kepala eksekutif Xiaomi, Lei Jun, percaya keahlian perusahaan dalam pembuatan hardware akan membantu mempercepat desain dan produksi kendaraan EV.

Selain Xiaomi, Reuters juga melaporkan ambisi otomotif dari Apple Inc dan Huawei Technologies Co Ltd

Dalam pertemuan laporan pendapatan Q2 2021, Presiden Xiaomi Wang Xiang mengutarakan jika Xiaomi sudah terima sambutan mengagumkan dari beberapa aktor industri otomotif lewat 20.000 program kerja yang memperlihatkan ketertarikan untuk tergabung bersama perusahaan.

Disamping itu, semenjak 25 Agustus lalu, Xiaomi sudah umumkan cara perusahaan mengakuisisi perusahaan tehnologi kendaraan otonom Deepmotion Tech. Ini memberikan persiapan dan konsentrasi Xiaomi membuat tehnologi otomotif bersama dengan barisan tenaga pakar paling depan di sektornya.

Dengan sekitaran 16.000 insinyur yang disokong dana riset banyak pada tahun 2020, Xiaomi optimis bisa kumpulkan tenaga pakar terbaik untuk datangkan pengembangan Artificial Intelligence (AI), material produk, dan tehnologi lain yang hendak memberikan dukungan peningkatan Xiaomi EV.

Sekarang ini, team peningkatan Xiaomi EV tumbuh secara cepat dan masih buka peluang untuk pribadi berpotensi di dunia untuk tergabung.

Dengan beberapa perolehan yang dicatatkan Xiaomi di 5 bulan semenjak inisiasi dikeluarkan, Xiaomi menunjukkan persiapannya untuk mengawali perjalanan baru bersama tehnologi, pengembangan, dan perform Xiaomi EV yang patut ditunggukan masyarakat dunia.

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli