Cara Membuat Aplikasi di Google Sheet: Langkah Demi Langkah Tutorial

cara membuat aplikasi di google sheet –Harus di katakan bahwa membuat aplikasi sederhana dapat menjadi tugas yang menyenangkan dan mengasyikkan. Selain itu, membuat aplikasi sederhana dapat memberi Anda hak dan pengetahuan untuk menciptakan aplikasi yang lebih rumit dan kompleks. Salah satu cara yang mudah dan efisien untuk membuat aplikasi sederhana adalah dengan menggunakan Google Sheet.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat aplikasi sederhana menggunakan Google Sheet – langkah demi langkah tutorial. Mulai dari memahami manfaatnya, cara menyiapkan Spreadsheet, membuat dan menghubungkan sekumpulan nilai, cara menyimpan data, memastikan UI dan UX, merancang logo dan nama, hingga formalitas pemasangan aplikasi di internet. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas masing-masing poin demi poin.

Memahami Manfaat menggunakan Google Sheet

Alih-alih membeli software mahal yang membutuhkan banyak waktu untuk di pelajari, penggunaan spreadsheet yang di buat di Google Sheet akan mempercepat waktu pembangunan. Anda dapat dengan mudah menciptakan aplikasi web sederhana dengan dukungan Google Sheet. Karena sebagian besar pekerjaan coding yang biasanya identik dengan pembuatan aplikasi sudah di sediakan dengan spreadsheet ini, jadi Anda tak perlu khawatir lagi harus belajar coding.

Langkah-Langkah untuk Membuat Aplikasi Sederhana dengan Google Sheet

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti ketika ingin membuat aplikasi sederhana dengan Google Sheet:

  1. Siapkan Spreadsheet dan Isi Sesuai Kebutuhan
  2. Gunakan Fitur: Membuat dan Menghubungkan Sekumpulan Nilai
  3. Temukan Cara Membuat dan Menyimpan Data
  4. Pastikan UI dan UX Sesuai Harapan
  5. Niatkan Aplikasi Anda dengan Logo dan Nama
  6. Rasa Puas Bila Aplikasi Anda Succeed!!!

Siapkan Sebuah Spreadsheet dan Isi Sesuai Kebutuhan

Pertama-tama, Anda harus menyiapkan spreadsheet Anda sesuai kebutuhan. Spreadsheet adalah lembar kerja yang berisi sheet (lembar) di mana Anda dapat memasukkan data dan informasi. Berbagai macam data dan informasi dapat di simpan melalui sheet ini, dan Google Sheet akan secara otomatis melakukan penghitungan tergantung pada informasi yang Anda masukkan.

Setiap sheet dapat di ubah sesuai kebutuhan. Anda dapat mengubah format-format data, membuat dan menghapus kolom serta baris, menyesuaikan lengkungan grafik dan lain-lain. Nama setiap sheet dapat di sesuaikan sesuai keinginan (contohnya Sheet 1, Sheet 2, Sheet Dashboard, dll).

Baris ini bisa di gunakan sebagai nama untuk meng-kategorikan data. Dengan demikian, Anda akan dapat dengan cepat mengakses informasi dan data yang tersimpan secara visual melalui Google Sheet.

Gunakan Fitur: Membuat dan Menghubungkan Sekumpulan Nilai

Setelah Anda mengisi spreadsheet Anda, Anda dapat memasukkan atau menghubungkan sekumpulan nilai yang dapat di cari melalui spreadsheet yang telah Anda buat. Cara ini memudahkan Anda untuk mencari data yang benar hanya dengan mengetikkan kata kunci yang sesuai masukkan. Pelanggan Anda tidak akan pernah merasa kebingungan karena dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari.

Google Sheet juga di lengkapi dengan fitur pencarian yang akan membantu Anda untuk menghasilkan hasil yang lebih kontekstual dari data yang Anda cari.

Temukan Cara Untuk Menyimpan Data

Setelah Anda telah mengisi dan menghubungkan sekumpulan nilai, Anda harus mencari cara untuk menyimpan data dan informasi yang telah Anda masukkan. Meskipun Google Sheet memberi Anda kemampuan untuk menyimpan data secara lokal melalui hard drive, kami menyarankan Anda untuk menyimpan data Anda secara online. Cara ini akan membuat Anda lebih mudah mengakses data Anda dari mana saja.

Google Sheet telah menyediakan fitur penyimpanan di awan (cloud storage). Anda dapat menyimpan berbagai macam jenis file di dalam fitur ini. Mulai dari spreadsheet, dokumen, gambar, catatan, serta banyak fitur lainnya yang akan membantu Anda menyimpan data dengan mudah.

Pastikan UI dan UX Sesuai Harapan

Sebelum Anda menerbitkan aplikasi Anda, pastikan bahwa tampilan antarmuka (UI) dan pengalaman pengguna (UX) menurut harapan Anda. Dengan demikian, pengguna akan lebih nyaman saat menggunakan aplikasi Anda dan tidak akan merasa bingung saat menjelajahi menu. Cobalah untuk mengatur dan mempresentasikan informasi dan data Anda dengan cara yang efektif dan rapi.

Anda juga bisa menambahkan fitur seperti tombol navigasi, tombol filter, serta kemampuan untuk melakukan drag-and-drop. Dengan demikian, pengguna akan dapat dengan mudah mengatur dan memfilter hasil dari pencarian dalam aplikasi Anda.

Niatkan Aplikasi Anda dengan Logo dan Nama

Sekarang, Anda boleh memasang sebuah logo dan nama untuk aplikasi web Anda. Tambahkan kekuatan teks serta gambar yang akan menjadi sebuah pengenalan untuk nama aplikasi Anda. Logo harus mencerminkan citra aplikasi Anda dan hubungan yang telah Anda bangun dengan pelanggan Anda.

Logo dan nama Anda harus mengilhami audiens untuk menggunakan aplikasi Anda dan menciptakan pengalaman serta kesan yang menarik. Setelah itu, bersenformalkan aplikasi Anda sesuai awasan yang diberikan Google. Hal ini penting agar orang lain dapat menemukan dan menggunakan aplikasi Anda dengan mudah melalui mesin pencari.

Rasa Puas Bila Aplikasi Anda Succeed!!!

Ketika Anda telah mempublikasikan aplikasi web dengan baik dan benar, Anda akan merasa puas dengan hasilnya. Gunakan hasil pekerjaan Anda untuk mempromosikan keahlian dan kemampuan Anda dalam membuat aplikasi web. Sebagai penghargaan atas jerih payah Anda, bagikan hasil kerja Anda dan beri tahu teman dan kenalan Anda untuk mencoba aplikasi.

Itulah cara membuat aplikasi sederhana menggunakan Google Sheet. Namun selalu perhatikan diri Anda, jangan sampai rasa takut dan ketakutan membuat Anda menjadi takut untuk mencoba. Semoga dengan tutorial ini, Anda dapat membuat aplikasi web sederhana dan mengejutkan secara singkat dengan cepat tanpa harus banyak berpikir.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba dan selamat belajar!

Ă—