hit counter

Sejarah Singkat Nissan Skyline, Legenda Mobil Balap Asal Jepang

Lliputanberitaku.com —Yoshisuke Aikawa, Pendiri Nissan mempunyai satu kemauan membuat sebuah mobil sport yang hebat dan ‘lengkap’. Pada Februari 1969 dia membuat ‘Skyline 2000GT-R’, leluhur dari GT-R yang iconic. Dalam riwayat, Nissan Skyline bahkan juga sukses memenangi 52 kejuaraan dalam waktu 3 tahun.

Nissan Skyline juga tidak akan dilalaikan dalam riwayat balapan Jepang. Banyak feature tehnologi balap dalam mobil ini yang di inspirasi dari arketipe mobil balap murni Nissan (Prince) R380.

 

Skyline diberi mesin DOHC empat katup dan suspensi mandiri pada tiap roda. Mekanisme injeksi bahan bakar ikut juga dipungut pada Skyline.

Ini membuat Skyline 2000GT-R hasilkan output maksimal 230PS/8.400 rpm, dan membuat makin unggul di circuit. Tehnologi itu yang selanjutnya jadi sisi penting saat Skyline 2000GT-R memimpin periode balapnya.

Mobil ini mencetak kemenangan pertama kalinya pada 3 Mei 1969. Di balapan TS-b dari JAF Grand Prix 1969 di Fuji Speedway, Skyline 2000GT-R mode 4-pintu-nya sukses memenangkan kejuaraan.

Selanjutnya pada Grand Prix Jepang 1969 di Oktober di tahun yang serupa, Nissan Skyline GT-R sukses mencatatkan kemenangan ke-7 nya. 2 tahun selanjutnya, di balapan All Japan Suzuka Automobile Race (Maret 1971), hardtop GT-R dipertambah ke skema. Kemenangan ke-50 yang monumental sukses dicapai pada 20 Maret 1972, pada ronde pertama Fuji GC Seri.

GT-R yang dikendarai oleh K. Takahashi, raih urutan kesatu sekalian cetak riwayat. GT-R tempati status paling atas dalam beragam balapan turing lokal di Jepang, dengan lengkapi keseluruhan 52 kemenangan cuman dalam 3 tahun. Skyline benar-benar dikenali di penjuru dunia dan kerap kali diperlihatkan dalam budaya terkenal.

 

Beberapa mode GT-R ada dalam seri video games, seperti ‘Need For Speed’. Baik GT-R atau Skyline sempat juga diperlihatkan dalam franchise film yang paling terkenal, yakni ‘Fast and Furious’.

Figur Nissan Skyline R34 bahkan juga jadi icon film bertopik balapan ini. Beberapa puluh versus GT-R yang lain ada dalam games simulator balapan yang revolusioner ‘Gran Turismo’ sebagai mobil virtual.

Karena sangat semangatnya tanggapan pada mobil virtual itu, mobil ide kenyataannya juga dibuat. Riwayat jadi berlanjut, dan DNA’ heroik dari Skyline 2000GT-R diturunkan sampai ini hari. Nissan jaga adat lewat mobil berteknologi tinggi unggulan terbaru Nissan, Nissan GT-R.