Siap-siap, Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka Mei, Ini Syarat dan Tahapannya

Liputanberitaku.com — Menpan RB mengakui jika tidak ada halangan pengumuman formasi CPNS 2021 akan dilakukan pada akhir Maret ini. Menurutnya, pihak kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi segera mengumumkan kebutuhan penerimaan aparatur sipil negara (ASN) TA 2021. Total jumlah ASN yang dibutuhkan untuk tahun anggaran 2021 ini adalah sebanyak 1,3 juta orang.

Dari 1,3 juta persyaratan ASN, terdiri dari 1 juta guru PNS dengan perjanjian kerja (PPPK) telah menyusun melalui skema Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Adapun untuk pendaftaran penerimaan CPNS 2021 sendiri sesuai rencana akan mengadakan mulai bulan Mei tahun ini. Hal ini juga diungkapkan oleh Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pendaftaran CPNS 2021 dibulan Mei-Juni ini adalah untuk penerimaan CPNS 2021, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) non guru maupun PPPK guru.

Berikut rincian penerimaan ASN untuk 1,3 juta formasi:

  • 1 juta guru PPPK melalui skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (untuk Pemda)
  • Untuk Pemda (diluar guru) ditentukan sebesar sekitar 189 ribu yang terdiri dari, 70 ribu PPPK jabatan fungsional selain guru, dan 119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat memperlukan (termasuk tenaga kesehatan).
  • Untuk instansi pemerintah pusat menentukan kebutuhan sebesar sekitar 83 ribu dengan persentase 50% PPPK dan 50% CPNS.

Untuk mendaftar seleksi penerimaan CPNS tahun 2021 pasti memperlukan beberapa dokumen. Selain itu, dokumen tersebut harus dalam format image / jpg, dengan kapasitas maksimal 200 kb, dan dapat membuat dengan menggunakan scanner atau scanner.