Tips dan Trik Membeli Rumah Murah yang Tepat dan Aman

Liputanberiatku.com — Tips dan Trik Membeli Rumah Murah yang Tepat dan Aman- Saat ini, ada banyak rumah murah yang berlokasi di pinggiran kota. Bahkan, kalau beruntung kamu juga bisa menemukan rumah murah di area yang termasuk di pusat kota, walaupun memang rata-rata berstatus rumah bekas atau rumah dijual.

Rumah murah tidak selalu jelek dan bermasalah. Asal teliti sebelum membeli, kamu bisa kok mendapatkan rumah murah yang tepat dan mendekati impianmu. Kuncinya hanya satu, jangan terburu-buru!

Sejumlah penyelidikan mungkin perlu kamu lakukan. Nah, berikut ini, Kania punya tips dan trik dalam membeli rumah murah supaya tetap aman dan kamu tidak tertipu. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Cek Legalitas Rumah Murah

Rumah murah dikatakan aman jika memiliki sejumlah kelengkapan surat. Beberapa surat yang menunjukkan legalitas rumah, antara lain surat kepemilikan, seperti sertifikat hak milik dan Hak Guna Bangunan.

Akta Jual Beli, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sampai surat Pajak Bumi dan Bangunan pun harus dimiliki oleh calon rumah murah yang mau kamu beli. Jangan lakukan transaksi kalau ada salah satu bukti legalitas yang tidak lengkap.

Perhatikan Kondisi Rumah

Dapat informasi mengenai rumah murah? Jangan langsung setuju untuk membeli kalau belum melakukan survei kondisi rumahnya!

Survei ke lokasi rumah murah yang hendak dibeli sangat penting karena kamu bisa melihat langsung bagaimana kondisinya, apakah mungkin ada kerusakan di dalamnya, atau bagaimana kondisi air dan listriknya.

Perhatikan Akses Rumah

Akses rumah juga harus kamu perhatikan sebelum membeli rumah murah. Soalnya, banyak rumah yang dijual murah ternyata aksesnya sangat sulit, seperti jalanan yang tidak bisa dilalui kendaraan ataupun sangat jauh dari jalan besar.

Sebenarnya kondisi ini sah-sah saja. Namun, hal tersebut akan menyulitkan mobilitasmu. Kamu juga akan susah menjual rumah itu di kemudian hari karena keterbatasan akses.

Selidiki Rekam Jejak Penjual

Ketika kamu menemukan kanal penjualan rumah murah ataupun ditawarkan rumah murah oleh seseorang, jangan langsung percaya! Selidiki dulu siapa yang mau menjual rumah itu ke kamu.

Kalau untuk rumah bekas, memang agak sulit menyelidiki rekam jejak penjual. Solusinya, kamu bisa bertanya ke tetangga ataupun mengecek lewat media sosialnya. Berbeda kalau kamu membeli rumah murah yang baru dan langsung dari pengembang.

Selidiki apakah penjual tersebut pernah memiliki kasus masalah hukum terkait jual beli rumah. Kalau ada, mungkin kamu harus mencari kandidat rumah murah lainnya.

Periksa Lingkungan Rumah

Jangan ragu mengecek kondisi lingkungan rumah murah sebelum membelinya. Kamu bisa menanyakan tetangga sekitar mengenai kondisi lingkungan rumah murah yang hendak di beli, apakah di sana cukup aman? Apakah mungkin pernah ada kasus pencurian? Bagaimana penjagaannya saat malam hari? Semua pertanyaan itu wajib kamu tanyakan agar keamanan kamu dan keluarga pun lebih terjamin!

Demikianlah tips dan trik bagi kamu yang ingin membeli rumah murah. Pastikan kamu melakukanh tips di atas supaya kamu bisa mendapatkan rumah impian! jangan sampai nyesel beli rumah yaa!

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli