Hama Wereng Menyerang, Sejumlah Sapi di Jember Mati Kena Racun Jerami Padi

Liputanberitaku.com — Serangan hama wereng tidak hanya membuat petani padi di Kabupaten Jember merugi. Sejumlah sapi yang biasa memberi pakan jerami padi di saat musim panen, terkena racun pestisida wereng. Hal ini membuat peternak rugi puluhan juta dan lebih waspada saat mencari rumput, terutama jerami.

Agus Sugiharto, peternak kambing asal Desa Pontang, Kecamatan Ambulu mengatakan, di desanya sudah ada 6 ekor sapi yang mati terkena racun wereng. Sapi tersebut mati setelah memberi makan jerami padi yang baru dipanen. “Di desa saya sudah ada 6 ekor sapi yang mati kena racun wereng.

Soalnya banyak petani yang takut padinya rusak kena wereng, bahkan kurang 2 hari sebelum panen juga banyak yang menyemprot pestisida lagi. Dan racunnya sangat mematikan memang, harganya juga mahal,” kata Agus, Jumat (2/4/2021).

Sementara itu, petani sekaligus peternak sapi asal Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu, Abdul Rokhim (45) juga merasakan dampak serangan wereng. Dua ekor sapi milik tetangganya ditemukan terbujur kaku di pagi hari usai sore hari sebelumnya diberi makan jerami padi.

“Padi saya sendiri juga kena wereng. Saya akui memang dosis penyemprotan pestisida banyak yang ditambah takut gagal panen. Tapi ya dampaknya juga sekarang takut kalau mau ngarit (mencari pakan sapi) jerami. Punya tetangga saya kemarin 2 ekor sapinya mati,” ujar Rokhim.