Benarkah Anjing Bisa Melihat Hantu? Begini Penjelasannya

Liputanberitaku.com —  Benarkah Anjing Bisa Melihat Hantu? Begini Penjelasannya- Anjing menjadi salah satu hewan favorit yang dipelihara manusia . Kemampuan hewan ini untuk beradaptasi dengan cepat saat diajarkan suatu hal menjadi sifatnya yang disukai manusia. Kemampuan hewan mamalia ini dalam menterjemahkan perintah manusia menjadi kelebihan yang banyak dimanfaatkan untuk membantu manusia.

Salah satunya penggunaan Anjing untuk membantu mencari jejak pelaku kejahatan. Selain itu, kecerdasan Anjing juga kerap dipakai untuk aksi penyelamatan korban kecelakaan. Namun, ada yang masih menjadi perdebatan soal kemampuan yang dimiliki Anjing, yakni apakah hewan ini memiliki kemampuan melihat penampakan hantu.

Dokter hewan Jesus Aramendi, DVM menuturkan, anjing bisa melihat hantu apabila pemiliknya merasakan hal yang sama. “Ada banyak dokumentasi yang mendukung anggapan anjing dapat merasakan aktivitas paranormal,” kata Aramendi kepada Reuters.

Di sisi lain, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan kemampuan anjing dapat melihat hantu. Tapi, memang anjing bisa melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat manusia. Benarkah Anjing Bisa Melihat Hantu? Begini Penjelasannya

Kekuatan Indra Penciuman Anjing

Indra penciuman anjing bisa 10.000 hingga 100.000 kali lebih sensitif daripada indera penciuman manusia. Jadi, dalam pengertian itu, anjing memiliki “ESP” atau “Extra Smell Perception”.

Dan jika kamu percaya pada hantu, maka Dr. Aramendi tidak berpikir berlebihan untuk membayangkan bahwa anjing dapat melihat hantu melalui bau. Tetapi jika tampak seekor anjing sedang “mencium” hantu, kemungkinan besar juga ada penjelasan ilmiah yang logis untuk itu.

Jika seekor anjing masih sering duduk di kursi seseorang yang sudah meninggal seolah-olah bisa merasakan kehadiran mereka, bisa saja aning melakukannya karena aroma orang tersebut masih melekat di kursi dan disukai oleh anjing.

Apa yang bisa dilihat anjing yang tidak bisa dilihat manusia

Manusia jauh lebih baik daripada anjing dalam merasakan warna dan kejernihan. Namun, anjing dapat melihat gerakan jauh lebih baik daripada manusia, meski dalam ruangan yang sangat gelap.

Hal ini ddiungkapkan oleh Jill Villarreal, PhD, kepala ahli perilaku hewan untuk perusahaan makanan hewan Open Farm. Jadi, jika kamu percaya pada hantu dan menganut gagasan bahwa hantu cenderung muncul di ruang-ruang gelap, maka anjing akan lebih mampu melihat hantu daripada manusia.

Benarkah Anjing Bisa Melihat Hantu? Begini Penjelasannya

Anjing dan Manusia

“Selama ribuan tahun, anjing tidak hanya menjadi pengamat perilaku manusia yang cerdik tetapi juga impresionis yang terampil,” kata dokter hewan Matthew McCarthy.

Jadi, jika kamu percaya pada hantu dan mulai merasakan bahwa sesuatu yang berhubungan dengan makhluk astral sedang terjadi, anjing mungkin merasakan energinya dan menangkap fakta bahwa kamu sedang merasakan sesuatu.

Jika reaksimu adalah ketakutan, anjing mungkin menyelipkan ekornya di antara kaki belakangnya atau menggeram. Jika reaksimu adalah gembura, anjing mungkin juga ikut gembira. Sekarang yang bisa kamu lakukan adalah, jika sedang merasa cemas, coba berikan energi positif pada anjing dengan mengelus mereka, agar anjing tak merasakan kecemasan dan ketakutanmu.

 

#artikel-asli