Tips Mengembangbiakkan Caladium dengan Teknik Sungkup

Liputanberitaku.com — Tips Mengembangbiakkan Caladium dengan Teknik Sungkup- Julukan ratu daun memang pantas disematkan pada caladium. Selain memiliki beragam bentuk daun, tanaman hias ini  juga memiliki beraneka corak dan warna daun. Caladium tergolong tanaman dengan sifat khas. Tanaman ini amat menyukai suasana yang lembab dan bersuhu panas. Caladium juga menyenangi air, namun tidak merendam perakarannya.

Mengembangbiakkan Caladium 

Kelembaban udara yang dibutuhkan caladium sangat tinggi, 70 – 95%. Sedangkan kebutuhan suhu 21 – 35 oC, dan intensitas cahaya matahari hanya 50 – 70%. Kondsi lingkungan ideal untuk caladium seperti itu tidak mudah ditemui. Karena itu agar perawatan caladium optimal perlunya memodifikasi iklim dengan bantuan sarana pendukung.

Rumah sungkup adalah solusi untuk mengkondisikan lingkungan yang ideal untuk caladium. Dengan rumah sungkup kelembaban didalam akan terjaga/stabil. Rumah sungkup bisa dibuat dari plastik dengan kerangka dari besi ataupun dari kayu. Umumnya plastik yang digunakan mempunyai ketebalan 0,05 – 0,1 mm.

Luasan rumah sungkup disesuaikan dengan banyaknya tanaman, namun ketinggiannya dibuat 0.8 – 1 m. Dibuat pendek agar dalam rumah sungkup berkelembaban tinggi. Untuk mendapatkan intensitas cahaya matahari yang ideal harus dipasang naungan paranet dengan ketebalan net 30 – 50%. Dan untuk mendapatkan kelembaban yang tinggi, selain rumah sungkup dibuat pendek, lantai rumah sungkup dilapisi plastik dan dibuat genangan air.

Tehnik Sungkup Untuk Caladium 

Dalam rumah sungkup, pertumbuhan caladium 2 kali lebih cepat dibanding diluar rumah sungkup. Karena kelembaban yang tinggi dan stabil dalam rumah sungkup, warna daun juga menjadi lebih cerah. Kelembaban udara kurang dari 70% akan menjadikan warna daun caladium memudar.

Rumah sungkup disarankan untuk digunakan bila kelembaban udara rendah, yaitu saat musim dingin atau musim hujan. Saat itu caladium akan kehilangan daunnya karena kelembaban yang rendah. Itulah waktu yang tepat untuk memasukan caladium kedalam rumah sungkup.

Rumah sungkup harus ditutup serapat mungkin, agar kelembaban didalam tidak terpengaruh oleh kondisi lingkungan diluar. Jika suhu diluar sangat panas, bagian atas rumah sungkup bisa dibuka 1 – 2 jam untuk pertukaran udara.

Namun bila kondisi biasa rumah sungkup jangan sering-sering dibuka tutup. Tidak ada perlakukan selama penyungkupan. Sumber hara sudah tersedia dalam media tanam. Kebutuhan air untuk kelembaban dicukupi dari genangan air didasar rumah sungkup dengan ketinggian air 2 – 3 cm. Sekitar 2 – 3 bulan dalam rumah sungkup caladium sudah siap untuk dikeluarkan, dan sudah sangat berubah sosok dan tampilannya.

Bila berencana untuk dijual, caladium dari dalam sungkup harus diadaptasikan dengan lingkungan luar. Penyesuaian dengan lingkungan luar butuh waktu 2 minggu.

Ada dua macam cara penyungkupan caladium :

Cara penyungkupan tunggal

Cara ini biasa dilakukan untuk membentuk caladium tampil prima sebelum kontes. Atau menyegarkan kembali caladium-caladium yang sudah berukuran besar. Penyungkupan tunggal adalah satu pot caladium dibuatkan satu rumah sungkup. Rumah sungkup tunggal berbentuk seperti kurungan ayam, dengan bagian bawah menjepit ke bibir pot.

Sebelum melakukan penyungkupan, media tanam caladium harus disiram sampai basah. Setelah disungkup tidak perlu disiram lagi. Namun agar media tanam tetap lembab, letakkan tatakan pot sebagai penyimpan air. Bila air ditatakan pot kering segera tambah lagi.

Sungkup tunggal tetap harus diletakkan dibawah naungan paranet. Biasanya dibuka 2 hari sebelum kontes. Agar caladium beradaptasi dengan lingkungan diluar sungkup.

Cara penyungkupan masal

Penyungkupan masal dengan menggunakan rumah sungkup yang luas, dan dapat menampung 100 pot atau lebih caladium. Rumah sungkup masal biasanya digunakan oleh para pekebun caladium atau grower caladium.

Dimana sebelum melakukan pelelangan atau penjualan, caladium dimasukan dalam rumah sungkup, sehingga saat pelelangan kondisi caladium tampil prima. Sungkup masal biasa juga untuk mempercepat pertumbuhan bibit caladium, dan mempercepat pertumbuhan tunas saat mencacah umbi.

 

Hobiis caladium bisa membuat sungkup dengan sederhana, untuk caladium yang masih bibit atau remaja bisa menggunakan box plastik atau toples kue. Box plastik bisa diisi beberapa pot bibit. Yang terpenting tanaman bisa masuk dan tidak bersinggungan satu sama lain Dan tempatkan dibawah naungan.

Adapun untuk menambah kecerahan warna daun caladium dapat ditambahkan unsur hara mikro, yaitu hara yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit namun penting, misalnya boron, klor, seng, tembaga, besi, mangan dan molibdenum.

Kebutuhan unsur hara mikro dapat diberikan dengan pupuk mikro misalnya Metalik. Pupuk mikro berfungsi untuk memperbaiki dan menyempurnakan warna daun. Disamping itu, kecerahan warna daun caladium tergantung cara penanaman. Umbi yang ditanam terlalu dalam menyebabkan warna hijau lebih dominan. Dan media tanam yang asam akan membuat warna daun lebih gelap.

Tips Pengembangbiakan Teknik Sungkup

  • Pilih bonggol yang berukuran besar.
  • Bersihkan dari bagian tanah yang menempel, lalu keringkan.
  • Setelah itu, dicacah atau dipotong-potong.
  • Cara menanamnya, bagian kulit bonggol menghadap ke atas.
  • Pot tempat menanam bonggol ditutup plastik dan di bawahnya diberi tatakan air.

 

 

#artikel-asli